Bukan Perang, Bela Negara Masa kini Melalui Sikap Antikorupsi

- 5 Februari 2023, 12:36 WIB
 Ilustrasi Bendera Pusaka Merah Putih. Bela Negara Melalui Sikap Antikorupsi/Pixabay.com/ Mufid Majnun
Ilustrasi Bendera Pusaka Merah Putih. Bela Negara Melalui Sikap Antikorupsi/Pixabay.com/ Mufid Majnun /

GALAMEDIANEWS - Korupsi merupakan suatu tindakan yang merugikan negara dan masyarakat. Korupsi mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, seperti perekonomian, pembangunan, dan keadilan. Oleh karena itu, sikap antikorupsi sangat penting untuk membela negara dari tindakan korupsi yang terus merajalela 

Antikorupsi adalah suatu sikap yang menolak dan memerangi tindakan korupsi. Dalam kehidupan bernegara, antikorupsi merupakan suatu bentuk nyata dari rasa cinta dan bela negara. Dalam hal ini, setiap warga negara harus memiliki sikap anti-korupsi sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan kewarganegaraan.

Bela negara merupakan salah satu sikap warga negara yang sangat penting dalam menjaga dan memperjuangkan kepentingan negara. Dalam hal ini, bela negara tidak hanya sebatas memegang bendera saat upacara bendera, tetapi juga melalui tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu bentuk nyata bela negara adalah melalui sikap antikorupsi.

Baca Juga: Ketika Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia atau APGI Berbincang Hangat dengan Fiersa Besari di Gunung Lawu

Bela negara juga merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara. Bela negara sangat penting untuk mewujudkan masyarakat yang tertib, aman, dan damai. Bela Negara juga berupaya menjamin dan mendukung kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Pemberantasan korupsi di semua tingkatan merupakan salah satu bentuk bela negara yang harus terus digalakkan. Sikap antikorupsi ini bertujuan untuk mencegah korupsi yang merajalela. Hal ini juga menunjukan bahwa masyarakat yang memiliki sikap antikorupsi sudah menunjukkan bukti nyata akan  kesadaran bela negara. 

Sebagai tumpuan harapan generasi muda bangsa, pemuda harus memiliki dan mampu mengembangkan nilai-nilai inti bela negara. Sehingga menjadi dasar sikap dan perilaku kita sebagai warga negara yang mencintai negara dan bangsanya.

Baca Juga: Menu Diet Murah Meriah, Cocok untuk Anak Kosan, Kalori Rendah tapi Tetap Kenyang, Bikin BB Cepat Turun

Korupsi merupakan salah satu musuh utama negara. Tindakan korupsi mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, seperti perekonomian, pembangunan, dan keadilan. Oleh karena itu, sikap antikorupsi sangat penting untuk mencegah tindakan korupsi. Dalam hal ini, setiap warga negara harus memiliki sikap antikorupsi sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan kewarganegaraan.

Halaman:

Editor: Nalarya Nugraha

Sumber: Buku Pintar Antikorupsi KPK


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x