Mengerikan! Korupsi Menjadi Ancaman Serius Bagi Kedaulatan Negara 

- 5 Februari 2023, 13:05 WIB
Korupsi menjadi ancaman serius bagi kedaulatan negara Indonesia
Korupsi menjadi ancaman serius bagi kedaulatan negara Indonesia /unsplash.com/Bisma Mahendra/

GALAMEDIANEWS - Korupsi merupakan tindakan yang merugikan negara dan masyarakat. Korupsi merupakan penyalahgunaan kekuasaan dan wewenang yang dilakukan oleh pejabat publik atau pihak swasta untuk memperkaya diri sendiri atau orang lain. Korupsi sangat merugikan negara dan menjadi ancaman serius bagi kedaulatan negara.

Sebagaimana diketahui, kedaulatan negara adalah konsep yang menunjukkan kewenangan mutlak dan tidak terbatas dari suatu negara untuk mengatur dan mengurus wilayah dan penduduknya tanpa campur tangan pihak luar. Hal ini mencakup hak untuk membuat dan melaksanakan mandat undang-undang, menerapkan hukum, menjaga ketertiban dan menjaga keamanan, serta menentukan arah politik dan ekonomi negara.

Praktik korupsi dapat mempengaruhi dan menjadi ancaman serius bagi kedaulatan negara karena dapat melemahkan lembaga-lembaga pemerintah dan mengurangi kepercayaan publik terhadap pemerintah. Tanpa disadari, korupsi juga dapat melemahkan ekonomi negara dan membuat negara lebih rentan terhadap intervensi pihak luar. Jika hal ini dibiarkan, bukan tidak mungkin Indonesia hanya tinggal nama di masa depan.
 
Baca Juga: Menanggulangi Korupsi jadi Tanggung Jawab Kita Bersama

Korupsi sangat membahayakan kedaulatan negara karena korupsi dapat merusak lembaga-lembaga negara. Lembaga negara adalah salah satu fondasi terpenting dari sebuah negara. Ketika lembaga negara rusak, negara kehilangan kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan rakyat dan menjalankan tugasnya dengan baik.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyebutkan bahwa korupsi merupakan ancaman nyata bagi kedaulatan sebuah negara. Tindak pidana korupsi juga merupakan kejahatan kemanusiaan yang memberikan dampak pada kehancuran suatu negara.

"Melihat betapa destruktif-nya korupsi terhadap suatu negara, dapat kita simpulkan bahwasanya korupsi adalah ancaman nyata kedaulatan negara suatu bangsa," kata Firli dalam keterangannya pada Hari Penegakan Kedaulatan Negara yang dikutip melalui situs hukum online pada Ahad, 05 Februari 2023.
Baca Juga: Bukan Perang, Bela Negara Masa kini Melalui Sikap Antikorupsi

Praktik korupsi mempengaruhi lembaga-lembaga pemerintah dengan merusak integritas dan profesionalisme para pejabat dan aparat pemerintah. Korupsi menciptakan lingkungan yang tidak adil dan tidak setara, yang secara tidak langsung mempengaruhi kinerja pemerintah dan mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Akibatnya, kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah melemah dan membuat mereka merasa tidak terwakili.

Hal lain yang dapat mengancam kedaulatan negara adalah ketika korupsi merusak sistem ekonomi negara. Korupsi dapat membuat pemerintah membelanjakan dana publik untuk tujuan yang tidak tepat, seperti proyek-proyek yang tidak berguna atau penyalahgunaan dana untuk kepentingan pribadi. Akibatnya, negara akan kekurangan dana untuk membiayai program-program pembangunan yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Secara khusus, korupsi merugikan masyarakat secara keseluruhan. Korupsi dapat membuat harga barang dan jasa menjadi lebih mahal karena adanya penyelewengan dalam proses produksi dan distribusi. Proyek-proyek pembangunan juga tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan karena adanya penyelewengan dalam pengelolaan proyek.
Baca Juga: Cegah Korupsi: 15 Strategi Nasional Pencegahan Korupsi, Apa Saja Stranas PK itu?

Secara umum, korupsi merupakan ancaman serius bagi kedaulatan negara. Negara harus berjuang keras untuk mengatasi korupsi agar dapat memenuhi kebutuhan rakyat dan menjalankan tugas-tugas pemerintahan dengan baik. Mari kita bekerja sama untuk memberantas korupsi ***

 

Editor: Fasya Askanti

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x