Update Gempa Turki dan Suriah: Harapan Penyintas Memudar Korban Tewas kini Melebihi 20.000 Jiwa

- 10 Februari 2023, 08:33 WIB
Tim penyelamat terus melakukan evakuasi korban gempa Turki dan Suriah.
Tim penyelamat terus melakukan evakuasi korban gempa Turki dan Suriah. /REUTERS/Suhaib Salem/

 

GALAMEDIANEWS - Duka mendalam terus menyelimuti Turki dan Suriah akibat gempa dahsyat mematikan 7,8 SR yang mengguncang kedua negara tersebut.

Jumlah korban tewas akibat gempa bumi di Turki dan Suriah telah melampaui 20.000 jiwa, dan jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah seiring dengan upaya pihak berwenang untuk membersihkan puing-puing dari ribuan bangunan yang runtuh.

Para ahli mengatakan jumlah korban tewas dan luka-luka diperkirakan akan terus meningkat tajam dalam beberapa hari ke depan. Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa jumlah korban tewas bisa mencapai 20.000 orang.

Baca Juga: TERBARU, Kode Redeem FF FREE FIRE Jumat 10 Februari 2023 dan Cara Klaim di Situs Garena

Sebagaimana dikutip dari Reuters Pada Jumat, 10 Februari 2023, Jumlah korban tewas di Turki meningkat menjadi 17.406 orang, kata Menteri Kesehatan Fahrettin Koca.

Sementara di Suriah, dimana perang saudara telah berlangsung selama hampir 12 tahun, lebih dari 3.300 orang tewas, menurut pemerintah dan layanan penyelamatan di wilayah barat laut.

Sementara itu, menurut laporan awal dari Universitas Bogazici Turki, sekitar 40 persen bangunan di kota Kahramanmaras, Turki, di mana pusat gempa berada, mengalami kerusakan parah. Pihak berwenang melaporkan bahwa sekitar 6.500 bangunan di Turki runtuh dan banyak lagi yang rusak.

Harapan Penyintas Memudar

Halaman:

Editor: Reza Rafaeza

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x