GEGER! Biaya Haji Naik, Anggota Dewan Ini Bongkar Mark Up Anggaran Biaya Haji

- 11 Februari 2023, 14:34 WIB
Tangkapan layar saat Abdul Wachid membongkar mark up biaya haji pada saat rapat  komisi di senayan Jakarta
Tangkapan layar saat Abdul Wachid membongkar mark up biaya haji pada saat rapat komisi di senayan Jakarta /Kanal Youtube DPR RI/

GALAMEDIANEWS - Baru-baru ini publik dikejutkan dengan usulan Kementerian Agama (Kemenag) untuk menaikkan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahun 1444 H/2023 M sebesar Rp 69,1 juta.

Kementerian Agama telah mengusulkan biaya perjalanan rata-rata untuk Haji (Bpih) sebesar Rp69,193,733.60 untuk tahun 1444 H / 2023 M. Jumlah ini setara dengan 70% dari Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang diusulkan, yaitu sebesar Rp98.893.909,11. Usulan kenaikan BPIH ini disampaikan oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas beberapa waktu lalu dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI.

Baca Juga: Dengar Biaya Haji Naik, Calon Jemaah Cek Ulang Estimasi Keberangkatan, Pengaruh Tidak Ya?

Usulan Kementerian Agama (Kemenag) untuk menaikkan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bpih) untuk tahun 2023 sebesar Rp 69,19 juta telah menimbulkan berbagai macam polemik di kalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan biaya yang diusulkan sangat membebani jamaah haji.

Abdul Wachid, anggota Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), menjelaskan bahwa salah satu alasan mengapa ongkos naik haji sangat mahal adalah karena harga barang komponen haji yang dengan sengaja di mark up, seperti gelang haji.  

Wachid mengatakan bahwa produsen gelang haji di kampung halamannya di Jepara, Jawa Tengah, memberitahunya secara langsung bahwa harga gelang haji hanya Rp5.000. Namun, biaya yang dianggarkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) adalah Rp30.000, atau lima kali lipat dari biaya sebenarnya.

"Saya ini orang Jepara, dari dulu sampai sekarang yang bikin gelang haji itu orang Jepara, kampung saya. Saya sudah undang mereka dan saya tanya, berapa biaya gelang haji, mereka jawab dikasih harga Rp5.000 Tapi oleh Kementerian Agama gelang itu dihargai Rp30.000," Seperti yang terlihat dalam siaran langsung Parlemen TV di kanal YouTube DPR RI. 

Menurut Wachid, ia telah menghitung bahwa biaya gelang haji hanya sekitar Rp1 miliar untuk 221.000 jamaah, namun dianggarkan mencapai lebih dari Rp 7 miliar. Wachid juga bahkan mengakui telah menyisir berbagai komponen biaya haji tahun 2022 yang nilainya mencapai Rp98 juta. Ia menemukan banyak sekali anggaran yang tidak rasional.

Halaman:

Editor: Imam Ahmad Fauzan

Sumber: YouTube DPR RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x