RS Lapangan Indonesia Siap Beroperasi Berikan Layanan Kesehatan Kepada Penyintas Gempa Turki

- 17 Februari 2023, 08:39 WIB
Relawan Rumah Sakit Lapangan Emergency Medical Team (EMT) Pusat Krisis Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI di Hatay Turki/
Relawan Rumah Sakit Lapangan Emergency Medical Team (EMT) Pusat Krisis Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI di Hatay Turki/ /ANTARA Foto/HO-Dokter Halik Malik/


GALAMEDIANEWS - Tim Emergency Medical Team (EMT) Pusat Krisis Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI mulai beroperasi dan siap memberikan pelayanan kesehatan kepada penyintas gempa bumi di Turki melalui pendirian Rumah Sakit Lapangan di wilayah Hatay, Turki.

"Dalam waktu dekat, mungkin paling cepat besok, kami sudah bisa memberikan pelayanan medis kepada para korban yang membutuhkan," ujar Dokter Halik Malik, anggota EMT asal Makassar yang sedang berada di Hatay, Turki, sebagaimana dikutip dari ANTARA News pada Jumat, 17 Februari 2023.

Baca Juga: BAZNAS RI Distribusikan Bantuan Berupa Makanan Hingga Pakaian Untuk Korban Gempa Turki

Baca Juga: WHO Melakukan Penggalangan Dana Sebesar USD 43 Juta Untuk Tanggap Gempa Turki – Suriah

Relawan kesehatan Indonesia telah mendapatkan lahan seluas 100×200 meter untuk membangun puluhan tenda di rumah sakit lapangan untuk memberikan pelayanan kesehatan primer dan sekunder bagi para penyintas gempa di Turki dan masyarakat yang terdampak gempa di Turki.

Dikatakan juga bahwa rumah sakit lapangan yang didirikan ini untuk sementara, akan mampu menampung setidaknya 100-200 pasien secara bertahap.

Selain itu, tim medis rumah sakit yang dibangun oleh relawan Indonesia ini telah lengkap dan mewakili berbagai tenaga kesehatan yang terlibat dalam penanganan darurat dan bencana.

Seperti dokter, perawat, ahli gizi, ahli kesehatan masyarakat, dan pemantau, untuk melakukan asesmen kebutuhan dan memberikan layanan cepat kepada para korban bencana.

Halaman:

Editor: Imam Ahmad Fauzan

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x