BAZNAS RI Distribusikan Bantuan Berupa Makanan Hingga Pakaian Untuk Korban Gempa Turki

- 16 Februari 2023, 23:09 WIB
Relawan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) saat mendistribusikan bantuan bagi korban penyintas gempa di Turki/ANTARA/HO-Baznas
Relawan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) saat mendistribusikan bantuan bagi korban penyintas gempa di Turki/ANTARA/HO-Baznas /

GALAMEDIANEWS - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyalurkan ribuan paket pangan, perlengkapan kebersihan, dan pakaian layak pakai untuk korban gempa bumi di Turki.

Beberapa bahan pangan yang didistribusikan diantaranya berupa beras, gandum, corba (sup khas Turki), keju, biskuit, susu, jus buah, dan air mineral. Kami sangat memperhatikan kebutuhan gizi masyarakat yang terdampak," kata Ahmad Fikri, selaku Direktur Distribusi Baznas, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sebagaimana dikutip dari ANTARA News pada Kamis, 16 Februari 2023

Fikri menjelaskan berbagai upaya bantuan tersebut berupa 2.000 paket pangan, 2.000 paket kebersihan diri, dan 500 paket perlengkapan musim dingin yang didistribusikan ke daerah-daerah yang paling parah terdampak.

Paket kebersihan yang didistribusikan oleh Baznas meliputi sabun, sampo, tisu, dan popok bayi. Ia mengatakan, kebersihan sangat penting bagi para pengungsi gempa karena kondisi yang tidak bersih meningkatkan risiko penyakit dan infeksi.

Baca Juga: Nonton Film All Quiet on the Western Front (2022) Sub Indo: Sinopsis dan Jadwal Tayang di Indonesia

Selain itu, paket perlengkapan musim dingin juga menjadi fokus penyaluran bantuan Baznas di Turki yang memiliki suhu udara antara -3 hingga -5 derajat Celcius.

"Paket perlengkapan musim dingin" meliputi selimut, kaos kaki, syal, topi, dan lain-lain. Cuaca dingin memperburuk kondisi para korban gempa di Turki. Mereka sudah kehilangan keluarga dan harta benda, kini harus melawan dinginnya cuaca," ujarnya.

Baca Juga: Korupsi Dana Hibah: Lima Anggota DPRD Jatim Ini Diperiksa KPK

Lanjut Fikri, BAZNAS akan terus melakukan pendataan untuk memenuhi kebutuhan dasar para korban gempa di Turki dengan dana yang berasal dari masyarakat.

Halaman:

Editor: Shiddik Zaenudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x