Korupsi Dana Hibah: Lima Anggota DPRD Jatim Ini Diperiksa KPK

- 16 Februari 2023, 22:37 WIB
Kepala Bagian Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri. ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat.
Kepala Bagian Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri. ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat. /

GALAMEDIANEWS - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memeriksa lima anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur (Jatim) untuk dimintai keterangan sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi dana hibah Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan tersangka Sahat Tua P. Simanjuntak (STPS) selaku Wakil Ketua DPRD.

"Sejauh ini, saksi-saksi dari pihak DPRD membenarkan adanya aturan dan pembahasan dana hibah tersebut," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, sebagaimana dikutip dari berita ANTARA News pada Kamis.16 Februari 2023.

Kelima anggota DPRD Jawa Timur yang diperiksa hari ini adalah Muhammad Reno Zulkarnaen dari fraksi Demokrat dan Ahmad Silahuddin dari fraksi PPP.

Selain itu, dua anggota DPRD Jawa Timur dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP), Agus Wicaksono dan Wara Sundari Renny Pramana, serta Alyadi dari Fraksi PKB.

Lebih lanjut, Ali mengatakan kelima anggota DPRD Jawa Timur tersebut diperiksa di Gedung Merah Putih KPK, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Baca Juga: UPDATE Korban Gempa Turki : Korban Jiwa Lebih Dari 36.000 Orang, Korban Luka–luka Lebih Dari 108.000 Orang

Penyidik KPK telah menetapkan empat orang sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap pengurusan dana hibah Pemprov Jatim, yaitu Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Sahat Tua P. Simanjuntak (STPS) dan Rusi (RS) selaku tenaga ahli STPS.

Sedangkan dua tersangka lainnya adalah Kepala Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Kabupaten Sampang sekaligus koordinator kelompok masyarakat (pokmas) Abdul Hamid (AH) dan koordinator pokmas setempat, Ilham Wahyudi (IW) alias Eeng.

Penetapan keempat tersangka ini diawali dengan adanya pengaduan dari masyarakat. KPK kemudian mengumpulkan berbagai informasi dan bahan keterangan terkait dugaan korupsi tersebut.

Halaman:

Editor: Shiddik Zaenudin

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x