Gelombang Kedua Paket Bantuan Kemanusiaan Indonesia Tiba di Turki

- 14 Februari 2023, 22:03 WIB
 Gelombang kedua paket bantuan Indonesia kepada korban bencana gempa di Turki tiba pada Senin 13 Februari 2023 pukul 21.00 waktu setempat.
Gelombang kedua paket bantuan Indonesia kepada korban bencana gempa di Turki tiba pada Senin 13 Februari 2023 pukul 21.00 waktu setempat. /Anadolu Agency/

GALAMEDIANEWS – Kabar baik bagi korban bencana gempa bumi di Turki. Setelah sebelumnya gelombang pertama paket bantuan kemanusiaan telah tiba di Turki pada hari Minggu 12 Februari 2023. Hari Senin 13 Februari 2023 gelombang kedua paket bantuan kemanusiaan tiba di Turki.

Dilansir dari lama berita Anadolu Agency, Bantuan kemanusiaan gelombang kedua dari Pemerintah Republik Indonesia telah tiba di Turki. Gelombang kedua paket bantuan kemanusiaan itu tiba mendarat di Bandara Sakirpasa, Adana, Turki pada tanggal 13 Februari 2023, pukul 21.00 waktu setempat.

Rombongan membawa tim EMT (Emergency Medical Team), rumah sakit lapangan serta bantuan logistik kemanusiaan seberat hampir sebanyak 40 ton. Rombongan disambut oleh Dubes RI di Ankara Lalu Muhamad Iqbal, dan Koordinator Bantuan Kemanusiaan AFAD Duta Besar Mehmet Gulluoglu.

“Selamat datang saudaraku di Turkiye. Terima kasih atas ekspresi solidaritas kalian yang sangat tulus. Saya sangat tersentuh dengan kehadiran kalian di saat kami membutuhkan,” ucap Koordinator Bantuan Kemanusiaan AFAD Duta Besar Mehmet Gulluoglu.

Baca Juga: BNPT : Kekerasan yang Dilakukan oleh KKB Papua Memenuhi Unsur Tindak Pidana Terorisme

Rombongan yang dikoordinasikan oleh BNPB, Kemlu dan Kementerian Kesehatan ini beranggota dari berbagai unsur. Mulai dari unsur pemerintah seperti unsur organisasi kesehatan dan pendukung dari Kementerian Kesehatan, TNI, Polri dan unsur non-pemerintah. Sementara itu dari unsur non-pemerintah, komponen terbesarnya adalah dari MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center), NU, asosiasi dokter spesialis dan lainnya.

Segera setelah tiba di Adana, tim yang tergabung dalam Emergency Medical Team (EMT) Tim Medis Gawat Darurat ini melakukan aklimatisasi dan pagi harinya mendapatkan pengarahan dari Duta Besar RI di Turkiye mengenai situasi terakhir di lapangan serta strategi untuk masuk ke daerah operasi agar tim dapat melaksanakan tugasnya sebaik mungkin.

Selepas itu, tim langsung menuju ke lokasi untuk mulai membangun rumah sakit lapangan seluas 2,5 hektar. Rumah Sakit Lapangan itu yang akan dioperasikan oleh hampir seratus tenaga medis dan paramedis.

Baca Juga: 17 Link Nonton Film Sub Indo Terbaru 2023, Bioskop Trans TV Selain di Website Rebahin, Lk21, dan Indoxxi

Halaman:

Editor: Shiddik Zaenudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah