Menlu: Terdapat 500 WNI Terdampak Gempa Bumi di Turki, Sementara di Suriah Tidak Ada

- 13 Februari 2023, 23:34 WIB
Tangkapan layar Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan paparan secara daring mengenai pertemuan Bali Process yang diselenggarakan di Adelaide, Australia, pada Jumat (10/2/2023). (ANTARA/Yashinta Difa)
Tangkapan layar Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan paparan secara daring mengenai pertemuan Bali Process yang diselenggarakan di Adelaide, Australia, pada Jumat (10/2/2023). (ANTARA/Yashinta Difa) /

GALAMEDIANEWS - Jumlah warga negara Indonesia (WNI) yang terdampak gempa bumi di Turki diperkirakan sekitar 500 orang, menurut Menteri Luar Negeri,Retno Marsudi.

"Pada tahap pertama, sebanyak 123 orang telah dievakuasi, termasuk dua warga Malaysia dan satu warga Myanmar," ujar Retno dalam siaran pers yang diposting secara online melalui akun YouTube Kementerian Luar Negeri pada hari Senin

Sementara itu, delapan orang, termasuk lima orang Indonesia dan tiga orang Filipina, berada dalam evakuasi tahap kedua, kata Retno

Dua orang ibu dan anak asal Indonesia menjadi korban tewas dalam gempa bumi di Turki. Keduanya dimakamkan di Kahramanmaras atas permintaan pihak keluarga.

Sepuluh orang yang terluka parah kemudian dirawat di rumah sakit.

Baca Juga: Judul: 19 Situs Nonton Film Legal Sub Indo Selain di Website Rebahin, Lk21, Indoxxi Terbaru 2023

Segera setelah gempa, Duta Besar Indonesia untuk Ankara langsung bertindak dan menghubungi pihak berwenang Turki, kata Retno.

Indonesia adalah negara asing pertama yang mengevakuasi warganya sendiri di wilayah yang terkena dampak gempa bumi di Turki.

"Indonesia adalah negara asing pertama yang mengevakuasi warganya di Turki," ujar Retno.

Halaman:

Editor: Shiddik Zaenudin

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x