Green TMII, Wisata Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan Cocok untuk Rekreasi Bersama Keluarga di Akhir Pekan

- 19 Februari 2023, 18:20 WIB
Foto wajah baru tmii/tamanmini.com/pesona_indonesia/
Foto wajah baru tmii/tamanmini.com/pesona_indonesia/ /


GALAMEDIANEWS - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menhadirkan destinasi ramah lingkungan dan berkelanjutan yang dinamakan "Green TMII" untuk memenuhi kenyamanan dan permintaan pengunjung akan suasana yang sejuk dan asri.

"Kawasan TMII memiliki 70 persen ruang terbuka hijau dan 30 persen bangunan," kata Claudia Ingkiriwang, Wakil Direktur Utama TMII, saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu, 19 Februari 2023.

Menurut dia, konsep penghijauan kawasan TMII untuk memastikan bahwa pengunjung, khususnya warga Jakarta yang sulit menemukan area hijau, dapat menikmati rekreasi yang aman dan nyaman dengan udara yang bersih.

Baca Juga: 15 Link Alternatif Nonton Film Sub Indo Terbaru 2023 Pengganti Rebahin, Lk21, Indoxxi


"Ini adalah 'oase' bagi warga kota," kata Claudia.

Lanjut menurut Claudia,, pengunjung yang datang ke TMII juga harus memarkir kendaraan mereka karena kawasan TMII juga bebas emisi karbon.

"Mobil dan motor tidak diperbolehkan masuk. Selain karena emisi, juga demi keselamatan anak-anak yang bermain di jalanan TMII," katanya.

Dia mengatakan banyaknya ruang terbuka hijau membuat udara menjadi lebih sejuk, sehingga sangat menyenangkan bagi pengunjung yang ingin berolahraga, bersantai bersama keluarga, atau sekedar melepas penat di akhir pekan, yang tentunya jauh dari debu dan polusi ibukota.

Menurut Claudia, pengunjung tidak perlu khawatir jika ingin berkeliling di area TMII, karena pihak pengelola menyediakan mobil listrik gratis bagi yang ingin berkeliling.

"Tentu saja, prioritas diberikan kepada para penyandang disabilitas dan keluarga yang membawa anak-anak. Selain itu, juga disediakan penyewaan sepeda dan skuter listrik," katanya.

Dia mengatakan konsep TMII secara umum sejalan dengan tujuan awalnya, yaitu sebagai etalase Indonesia.

"Jadi pada dasarnya, jika seseorang ingin mengetahui sesuatu tentang Indonesia, datanglah ke TMII. Di sini mereka bisa melihat budaya, rumah-rumah adat, masyarakat dan keramahannya, serta ruang hijau di Indonesia," kata Claudia.

Baca Juga: 15 Link Alternatif Nonton Film Sub Indo Terbaru 2023 Pengganti Rebahin, Lk21, Indoxxi

Tidak hanya itu, Claudia juga ingin agar para pengunjung TMII terinspirasi bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan keberagaman, yang membuat Indonesia menjadi indah.

"Di TMII, tidak hanya sekedar melihat budaya, tapi juga menjadi bagian dari budaya itu sendiri, seperti keramahan, keberagaman dan ketertiban masyarakat Indonesia. Indonesia ikut ambil bagian dalam melestarikan dunia," katanya.

Menyenangkan dan sejuk

Salah satu pengunjung, Rumarda (69), menyambut baik konsep "TMII Hijau" karena membuat pengunjung merasa sejuk dan nyaman.

"TMII merupakan salah satu hutan kota, jadi perlu perawatan. Di Jakarta Timur sekarang sudah sulit menemukan hutan kota karena sudah beralih fungsi menjadi perumahan," ujar pria yang tinggal di Rawamangun, Jakarta Timur ini.

Dari segi fasilitas, menurutnya sudah cukup memadai, ada jalur sepeda, bus listrik untuk pengunjung dan lainnya.

"Namun rambu-rambu untuk penyandang disabilitas masih perlu ditingkatkan," katanya ***

Editor: Ryan Pratama

Sumber: Antara News


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x