Perubahan Persepsi Dalam Penanganan Obesitas, Media Berperan Penting

- 30 April 2024, 22:15 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan sambutan saat Arbovirus Summit di Denpasar, Bali.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan sambutan saat Arbovirus Summit di Denpasar, Bali. /ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/

GALAMEDIANEWS – Obesitas adalah kondisi berat badan melebihi batas normal karena adanya penumpukan lemak berlebih di dalam tubuh.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa untuk menangani masalah obesitas di Indonesia perlu adanya perubahan sikap dan persepsi di masyarakat, sehingga peran media penting guna mewujudkannya.

Konferensi pers Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2024 di Tangerang, Banten, Budi mengatakan bahwa obesitas, yang disebabkan oleh konsumsi gula berlebih, dapat menyebabkan diabetes.

Diabetes adalah induk dari segala penyakit, karena dapat menyebabkan penyakit yang menyerang organ-organ lain.

Baca Juga: Olahraga di Malam Hari, Apakah Bermanfaat atau Berdampak Buruk Bagi Orang Dengan Obesitas!!!

"Itu harus kita kontrol, karena budaya orang Indonesia itu suka makan manis, suka minum manis. Itu budaya Indonesia," ungkap Budi menjelaskan.

Kemenkes ingin membatasi kadar maksimal gula, garam, dan lemak, yang akan diimplementasikan dalam sebuah regulasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Dirinya mengatakan, meskipun peraturan penting dalam membatasi pola konsumsi seseorang, yang lebih penting adalah membangun kesadaran masyarakat.

Menkes menilai media penting dalam mengubah persepsi dan budaya konsumsi gula masyarakat dan mempromosikan gaya hidup sehat.

Baca Juga: Gerakan Anak Sehat, Fokus Menkes Sasar Daerah Tinggi Stunting

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah