Blackhawk Down di Kolombia, Belasan Personel Militer Hilang

- 22 Juli 2020, 06:03 WIB
Helikopter tengah mengakut korban.
Helikopter tengah mengakut korban. /

GALAMEDIA - Sebelas personel militer hilang dan enam lain luka-luka akibat helikopter berjenis Blackhawk jatuh di bagian tenggara Kolombia pada Selasa (21/7/2020).

Menurut AFP, helikopter itu mengangkut 17 personel yang menjalani operasi melawan gerilyawan. Sejauh ini, belum ada pernyataan resmi ihwal penyebab helikopter tersebut jatuh karena kecelakaan atau ditembak.

Baca Juga: China Murka, Ancam Lakukan 'Serangan Balik Kuat' ke Inggris Soal Ekstradisi Hong Kong

Pihak militer mengatakan pasukan tersebut hendak melakukan kegiatan operasi terkait adanya aktivitas obat-obatan terlarang di sekitar wilayah tak jauh dari lokasi helikopter terjatuh.

Lokasi jatuhnya Helikopter.
Lokasi jatuhnya Helikopter.

Helikopter yang jatuh itu ditemukan di Sungai Inirida, negara bagian Guaviare atau wilayah para pemberontak Revolutionary Armed Forces of Colombia (FARC) melakukan operasi militer.

Pemberontakan yang dilakukan FARC sudah berlangsung lama di Kolombia, yakni 50 tahun.

Sebenarnya pada 2016 lalu, sempat terjalin kesepakatan damai antara pemerintah dengan pemberontak. Kala itu, para pemberontak menjadi politisi dan memperjuangkan aspirasinya dengan legal.

Baca Juga: Ibunya Dipenjara 16 Bulan, Supermodel Israel Mantan Leonardo DiCaprio Divonis Hukuman 9 Bulan

Namun ada 2 ribu lebih yang tidak mau menghormati perjanjian tersebut. Padahal, 13 ribu lainnya mau berdamai dengan pemerintah.

Akibat konflik berkepanjangan masih terjadi hingga saat ni. Mereka membiayai aktivitasnya dengan melalui perdagangan obat-obatan terlarang dan penambangan ilegal.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x