2 Gempa Terbaru Kembali Terjadi di Turki

- 21 Februari 2023, 19:53 WIB
Ilustrasi gempa.
Ilustrasi gempa. /Pixabay/ Tumisu/



GALAMEDIANEWS – Gempa Bumi kembali terjadi di Turki. Pada hari Senin 20 Februari 2023 terjadi gempa bumi di Turki. Dilansir dari laman berita Anadolu Agency gempa bumi yang terbaru itu terjadi pada malam hari.

Menurut The Disaster and Emergency Management Presidency (AFAD) atau Badan Kedaruratan Bencana Turki menyatakan gempa bumi yang terjadi Senin 20 Februari 2023 ini ada sebanyak 2 kali gempa. Gempa pertama bermagnitudo 6,4. Gempa bumi ini terjadi pada pukul 20.04 waktu setempat. Gempa pertama ini terjadi di pada kedalaman 16,7 kilometer.

Gempa bumi pertama ini terjadi di distrik Defne, Provinsi Hatay Turki Selatan. Gempa kedua  terjadi pada tiga menit kemudian. Gempa kedua ini terjadi memiliki kekuatan bermagnitudo 5,8. Gempa bumi yang kedua ini berpusat di distrik Samandag di Provinsi Hatay Turki Selatan.

Baca Juga: Kasus Korupsi Merugikan Negara Rp100,7 miliar, Mantan Dirut PT Antam Tbk Diperiksa KPK

Gempa kedua ini terjadi di pada kedalaman 7 kilometer. Kedua gempa tersebut turut dirasakan wilayah di sekitar Provinsi Hatay. Dilansir dari laman berita Anadolu Agency, belum ada informasi mengenai korban jiwa,korban luka – luka ataupun bangunan roboh yang diakibatkan dua gempa terbaru ini

Sebelumnya gempa dahsyat  terjadi  yang melanda selatan Turki tepatnya pada dua minggu lalu. Gempa itu berpusat di Provinsi Kahramanmaras, yang berjarak 100 kilometer dari Provinsi Hatay. Gempa ini terjadi pada Senin 6 Februari 2023. Gempa bumi yang dahsyat dengan kekuatan 7,8 Skala Richter yang mengguncang negara Turki.

Akibat gempa yang terjadi di Provinsi Kahramanmaras ini telah menimbulkan duka yang mendalam bagi Turku dan memakan korban jiwa lebih dari 41.000 orang, menyebabkan banyak korban luka – luka, serta banyak bangunan yangv roboh akibat gempa ini.

Setelah gempa ini terjadi, pihak AFAD mengeluarkan peringatan untuk mendesak warga agar menghindari daerah pesisir pantai guna mencegah risiko kenaikan permukaan laut, yang bisa mencapai hingga 50 cm.

Akibat gempa itu yang terjadi 2 Minggu lalu itu, 10 Provinsi yang paling parah terdampak gempa ditetapkan pemerintah Turki sebagai Keadaan Darurat bencana. Keadaan darurat itu ditujukan kepada 10  Provinsi yang terparah akibat bencana gempa itu. Keadaan darurat ini diberlakukan selama 3 bulan lama nya. Akibat bencana gempa ini, Parlemen Turki menyetujui keadaan darurat 3 bulan untuk mempercepat upaya bantuan. Berikut ini 10 Provinsi di Turki yang ditetapkan sebagai Keadaan Darurat Bencana :

Baca Juga: Ramalan Zodiak Gemini Besok Ini 22 Februari 2023: Kesehatan, Cinta, Karir

1.       Provinsi Adana.

2.       Provinsi Adiyaman.

3.       Provinsi Diyarbakir.

4.       Provinsi Gaziantep.

5.       Provinsi Hatay.

6.       Provinsi Kahramanmaras.

7.       Provinsi Kilis.

8.       Provinsi Malatya.

9.       Provinsi Osmanie.

10.   Provinsi Sanliurfa.***

Editor: Ryan Pratama

Sumber: Anadolu Agency


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x