Amerika Serikat Siap Berikan Bantuan Jangka Panjang Pasca Gempa Bumi Turki

- 20 Februari 2023, 09:09 WIB
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Anthony Blinken siap memberikan bantuan jangka panjang kepada Turki pasca gempa bumi
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Anthony Blinken siap memberikan bantuan jangka panjang kepada Turki pasca gempa bumi /REUTERS/Clodagh Kilcoyne/Pool/

GALAMEDIANEWS - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Anthony Blinken siap memberikan bantuan jangka panjang kepada Ankara pasca gempa bumi dahsyat yang melanda Turki pada tanggal 6 Februari lalu.

Bantuan tersebut akan diberikan hingga Turki pulih dari gempa yang menghancurkan sebagian besar wilayahnya.

Baca Juga: UPDATE Korban Gempa Turki : Korban Jiwa Lebih Dari 40.600 Orang

Baca Juga: Resep Ayam Geprek Sederhana Rumahan Dengan Sambal Bawang Enak dan Lezat

Blinken menyampaikan pengumuman tersebut saat mendarat di pangkalan udara Incirlik pada hari Minggu 19 Februari 2023 waktu setempat untuk kunjungan kenegaraan.

Gempa bumi berkekuatan 7,8 skala Richter melanda Turki dan negara tetangganya, Suriah, pada tanggal 6 Februari lalu, menewaskan lebih dari 46.000 orang dan menyebabkan lebih dari satu juta orang kehilangan tempat tinggal. Kerugian akibat bencana ini diperkirakan mencapai miliaran dolar.

"Sangat sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata. Anda melihat bangunan yang masih berdiri, lalu bangunan yang runtuh, atap yang runtuh, dan tepat di sebelahnya ada bangunan yang masih berdiri," kata Blinken kepada para wartawan di pangkalan yang digunakan Washington sebagai markas besar bantuan secara de facto.

Baca Juga: Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbuka

Halaman:

Editor: Imam Ahmad Fauzan

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x