Tak Mau Tertinggal Dengan Negara Tetangga, Indonesia Siap Mendatangkan Pesawat AEW&C

- 11 Maret 2023, 21:20 WIB
Ilustrasi Pesawat C295 AEW
Ilustrasi Pesawat C295 AEW /Twitter @jatosint

GALAMEDIANEWS – Indonesia baru-baru ini mendatangkan Pesawat pengangkut Super Hercules dari Lockheed Martin Amerika Serikat. Kabar terbarunya bahwa Kementerian Keuangan Indonesia telah menyetujui rencana Kementerian Pertahanan untuk mengakuisisi dua Pesawat peringatan dini dan kontrol udara (AEW&C) yang baru.

Pesawat peringatan dini dan control udara itu akan digunakan oleh TNI Angkatan Udara (TNI AU). Dengan persetujuan dari Kementerian Keuangan ini, menjadikan Indonesia negara ketiga di Kawasan Asean yang memakai Pesawat itu.

Dilansir dari Airspace Review, negara Asean yang sudah menggunakan Pesawat ini ialah Singapura dan Thailand serta ada Australia di Kawasan Pasifik. Negara Singapura menjadi negara pertama di Kawasan Asean yang menggunakan Pesawat pengintai ini.

Angkatan Udara Singapura atau RSAF, Negara yang luasnya se-DKI Jakarta ini sebelumnya sudah pernah mengoperasikan empat pesawat Northrop Grumman E-2C Hawkeye dari tahun 1987 sampai tahun 2010.

Baca Juga: 5 Misteri Gunung Semeru Jawa Timur, Mulai dari Tanjakan Cinta hingga Jin Wanita Ranu Kumbolo

Kemudian, posisi Hawkeye telah digantikan oleh empat Pesawat Gulfstream G550 CAEW (Conformal Airborne Early Warning). Selain itu radar Pesawat ini dipasok oleh perusahaan ELTA, Israel.

Pesawat G550 CAEW ini dilengkapi radar yang dipasang pada konformal dengan susunan radar S-band ganda di bagian depan dan belakang serta sensor L-band di sisi badan pesawat.

Memberikan kesadaran situasional udara dan maritim dengan pengawasan 360 derajat di semua ketinggian dan menawarkan ketahanan misi selama sembilan jam.

Baca Juga: BLEACH: Tite Kubo Memilih Lagu dari Legenda Punk Amerika Untuk Tema Pribadi Ichigo

Halaman:

Editor: Shiddik Zaenudin

Sumber: Airspace Review


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x