HILAL TERLIHAT, Awal Ramadhan 2023 Berpotensi Seragam

- 22 Maret 2023, 17:55 WIB
Ilustrasi. Awal Ramadhan 2023 berpotensi seragam seiring terlihatnya hilal di sejumlah daerah.
Ilustrasi. Awal Ramadhan 2023 berpotensi seragam seiring terlihatnya hilal di sejumlah daerah. /Darma Legi/Galamedia

 

GALAMEDIANEWS - Awal Ramadhan 2023 berpotensi seragam, 1 Ramadan 1444 Hijriyah jatuh pada 23 Maret 2023. Namun hal itu harus dipastikan melalui Sidang Isbath Rabu malam, 22 Maret 2023.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Sulawesi Selatan Khaeroni seperti dilansir NU Online, Rabu 22 Maret 2023.

Hal itu seiring terlihatnya hilal awal Ramadhan 1444 H di Hotel Pantai Wisata Galesong Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan pada Rabu 22 Maret 2023.

“Dari hasil Rukyatul Hilal hari ini dan menyimak hasil di sejumlah lokasi di indonesia, sepertinya tahun ini berpotensi akan sama awal Ramadhannya,” ujar Khaeroni.

Baca Juga: BACAAN SURAT YASIN Lengkap 83 ayat dengan Tulisan Arab, Latin dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Kanwil Kemenag Sulsel melaksanakan Rukyatul Hilal bersama Badan Hisab Rukyat (BHR) Sulsel, Pengadilan Agama, MUI, Ormas Islam, Perguruan Tinggi dan BMKG Sulsel. Sementara perukyah yang melihat sudah disumpah oleh pengadilan agama setempat.

Disebutkan, saat jelang Maghrib, 22 Maret 2023 di sejumlah titik pemantauan di Indonesia termasuk di Sulsel, posisi bulan (hilal) sudah berada pada angka 7 derajat 33 Menit 28 detik.

Menurutnya, angka tersebut sudah memenuhi kriteria baru yang pernah ditetapkan secara bersama oleh Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS), dengan tinggi minimal 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat dan sudah memenuhi kriteria Wujudul Hilal [WH].

Baca Juga: Diduga Hendak Dijual di Masa Ramadhan dan Jelang Lebaran, Polisi Sita 200 Bal Pakaian Bekas Impor di Gedebage

Halaman:

Editor: Shiddik Zaenudin

Sumber: NU


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x