Kemenkumham Jabar Sosialisasikan Pentingnya Layanan Partai Politik Berbadan Hukum, ini kata Kakanwil Jabar

- 13 April 2023, 19:43 WIB
 Kakanwil Kemenkumham Jabar, R. Andika Dwi Prasetya saat Sosialisasi Partai Politik Berbadan Hukum.
Kakanwil Kemenkumham Jabar, R. Andika Dwi Prasetya saat Sosialisasi Partai Politik Berbadan Hukum. /Kemenkumham Jabar/

GALAMEDIANEWS - Kemenkumham Jabar sebagai perpanjangan tangan dari Kementerian Hukum dan HAM R.I mengemban kewenangan pengadministrasian partai politik mulai dari pendirian, perolehan status badan hukum, perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD /ART), hingga pembubarannya.

Dalam hal ini dibutuhkan tersedianya pangkalan data/ database yang akurat dan mutakhir terkait alamat dan kepengurusan partai politik dimaksud yakni Pangkalan Data yang dimiliki Kemenkumham, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus seragam memuat informasi kepengurusan dan alamat partai politik menjadi sangat penting untuk para pemangku kepentingan lainnya yang mengemban tugas dan fungsi yang sama pentingnya terkait penyaluran anggaran dan kualifikasi partai politik dalam keikutsertaan dalam Pemilihan Umum.

Baca Juga: Sinopsis Preman Pensiun 8 Hari Ini 14 April 2023: Trio MCU Turun Tangan, Yayat dan Agus Ditangkap Polisi

Sosialisasi Partai Politik Berbadan Hukum Dengan Tema “Pengkinian Data Partai Politik di Wilayah” yang diselenggarakan Bidang Pelayanan Hukum Kemenkumham Jabar di Grand Sunshine Hotel Soreang merupakan salah satu upaya Kemenkumham Jabar dalam memenuhi ketersediaan pangkalan data (database) yang akurat dan mutakhir terkait alamat dan kepengurusan partai politik di wilayah. Narasumber pada kegiatan ini yaitu : 1. Koordinator Partai Politik Direktorat Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM R.I Tjasdirin; 2. Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Barat Reni Ambar Sari; 3. Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat Rifqi Alimubarok.

Kegiatan dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jabar R.Andika Dwi Prasetya didampingi Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham Jabar Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Andi Taletting Langi, serta dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bandung dan diikuti peserta yang berasal dari Partai Politik Berbadan Hukum Wilayah Jawa Barat, JFT dan JFU Kantor Wilayah Kemenkumham Jabar.

Andika menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan kewajiban partai politik untuk senantiasa menyampaikan data yang akurat terkait alamat, kepengurusan, dan keanggotaannya serta melakukan pemutakhiran berkala dalam hal adanya perubahan alamat dan/atau kepengurusan dimaksud.

Baca Juga: Boruto Chapter 80: Bagaimana Sasuke Bisa Selamatkan Boruto

"Melalui sosialisasi dan forum koordinasi dan sinergi ini, dapat tercipta ide-ide dan inovasi baru antara para pemangku kepentingan dalam menyediakan data alamat dan kepengurusan partai politik yang senantiasa akurat dan terbarukan, serta tercapainya sinkronisasi data, alamat kantor dan susunan kepengurusan Partai Politik berbadan hukum yang ada di wilayah Jawa Barat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 perubahan atas Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik, "ujar Kakanwil Kemenkumham Jabar, R. Andika Dwi Prasetya. Kamis 13 April 2023.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Kemenkumham


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x