12 Pegawainya Positif Covid-19, RSUD Cibabat Cimahi Lakukan Swab Test Kepada 255 Orang Perawatnya

- 11 Agustus 2020, 11:38 WIB
/


GALAMEDIA - Karyawan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat Kota Cimahi menjalani swab test secara bergiliran, yang dimulai hari ini, Selasa 11 Agustus 2020. Hal itu untuk mendeteksi infeksi virus corona atau Covid-19, menyusul adanya 12 karyawan rumah sakit yang berlokasi di Jalan Amir Mahmud ini yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Swab test dilakukan di depan gedung C RSUD Cibabat. Pada hari peserta swab ini diikuti 355 orang perawat dari seluruh layanan. Swab test akan berlangsung hingga Kamis, 14 Agustus 2020.

Plt Direktur Utama (Dirut) RSUD Cibabat Kota Cimahi, Reri Marliah mengungkapkan pelaksanaan swab test dilakukan dalam tiga hari hingga Kamis, 13 Agustus 2020 dengan target seluruh karyawan RSUD, sekitar 1.050 orang.

Baca Juga: Sempat Buron, Pelaku yang Diduga Menganiaya Andri hingga Tewas Akhirnya Diciduk

"Swab test ini untuk semua karyawan rumah sakit, termasui OB, securty dan petugas parkir. Ini sebagai upaya memetakan sebaran kasus Covid-19. Memang karena kemarin ada kasus 12 pegawai positif," jelasnya.

Spesimen dari pegawai rumah sakit tersebut akan dibawa ke laboratorium Politeknik Kesehatan Cimahi, dan hasilnya akan diketahui sehari setelah swab test dilaksanakan.

"Jadi spesimennya dibawa ke lab Poltekkes Cimahi, sehari langsung keluar hasilnya dan diprioritaskan untuk rumah sakit dulu. Mudah-mudahan di minggu ini bisa selesai semua," terangnya.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan 17.845 Tempat Untuk Mengikuti Upacara HUT Ke-75 RI Secara Virtual

Jika hasil swab test pegawai rumah sakit ada yang positif, maka pihaknya akan langsung menerapkan penanganan sesuai protokol terhadap yang bersangkutan.

"Mudah-mudahan negatif semua. Tapi kalau sampai ada yang positif, penanganan sesuai protokol. Nanti kita konsultasi dengan wali kota juga apakah lockdown rumah sakit diperpanjang atau tidak," katanya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi, saat ini ada 12 kasus positif Covid-19 di lingkungan RSUD Cibabat. Rinciannya 1 nutrisionis, 3 petugas distribusi makanan, 4 pengelola makanan, 3 perawat, dan 1 bidan.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x