Hasil Survei: Pemilih yang Tidak Puas dengan Jokowi Cenderung Akan Lakukan Hal Ini di Pemilu 2024

- 16 Mei 2023, 17:30 WIB
Tangkapan Layar Hasil Survei Charta Politika Indonesia Terkait Pemilih Jokowi – Ma'ruf di Pemilu 2019 Terhadap Capres di Pilpres 2024/ANTARA/Tri Meilani Ameliya
Tangkapan Layar Hasil Survei Charta Politika Indonesia Terkait Pemilih Jokowi – Ma'ruf di Pemilu 2019 Terhadap Capres di Pilpres 2024/ANTARA/Tri Meilani Ameliya /

GALAMEDIANEWS - Melalui kanal YouTube Charta Politika Indonesia, Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya menyatakan responden atau pemilih yang tidak puas dengan kinerja Presiden Jokowi selama menjabat akan cenderung mendukung Prabowo Subianto.

Dalam survei Charta Politika Indonesia bertajuk “Dinamika Elektoral Pasca Isu Piala Dunia U-20 dan Deklarasi Batu Tulis”, Yunarto Wijaya juga menegaskan bahwa pemilih Prabowo masih ditopang oleh basis dari pemilih era sebelumnya yaitu tahun 2019.

Baca Juga: Tiket Masuk Hanya Rp 10 Ribu, Inilah 3 Tempat Wisata Bandung yang Cocok buat Libur Akhir Pekan

Mereka yang cenderung anti-Pemerintahan Jokowi cenderung akan memilih Prabowo pada pemilu berikutnya.

Survei tersebut dilakukan dengan cara melakukan wawancara tatap muka pada 1.220 responden pada 2-7 Mei 2023 dan dilakukan pada responden yang telah berusia minimal 17 tahun atau sudah memenuhi syarat sebagai pemilih. Survei juga dilakukan tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

Sementara itu, sampel yang terkait dengan survei tersebut ditentukan melalui metode acak bertingkat atau multistage random sampling dengan toleransi kesalahan atau margin of error sekitar 2,82 persen.

Baca Juga: Ramai Penolakan Dani Ramdan jadi Pj Bupati Bekasi, DPRD: Banyak Timbulkan Masalah!

Hasil Survei Kepuasan Kinerja Pemerintah Pusat Era Jokowi

Berdasarkan hasil survei pada 2-7 Mei 2023 yang dilakukan oleh Charta Politika menunjukkan bahwa kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah pusar di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi mencapai angka sebesar 79,1 persen.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: Charta Politika


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x