Bersama Petani, Desa Sukamanah Garut Kembangkan Produksi Kopi Robusta

- 15 Agustus 2020, 14:44 WIB
Pemerintah Desa Sukamanah, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, mengembangkan usaha kopi, Sabtu 15 Agustus 2020. /

GALAMEDIA - Setelah sukses membudidayakan usaha ayam petelor, kali ini Pemerintah Desa Sukamanah, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, mengembangkan usaha lainnya. Jenis usaha yang dikembangkan kali ini yaitu kopi Garut robusta.

Dalam pengolahannya, petani bekerja sama dengan pemerintah desa dengan menggunakan peralatan yang sangat canggih.

"Petani yang ada di Desa saat ini sudah menanam kopi dilahan milik sendiri, sedangkan dalam pengolahannya difasilitasi oleh desa," ujar Kepala Desa Sukamanah, Aten, Sabtu 14 Agustus 2020.

Baca Juga: Siap Hadapi China di Perbatasan, Militer India Siagakan 1,4 Juta Pasukan

Aten mengatakan, dengan dikembangkannya usaha kopi Garut, banyak para petani serta masyarakat dalam faktor perekonomiannya meningkat.

"Kopi yang sekarang di kembangkan menjadi salah satu pengahasilan masyarakat, terutama kopi Garut saat ini sudah memiliki pasar," katanya.

Menurut Aten, selain jenis kopi robusta yang saat ini tengan dikembangkan, ada jenis kopi garut arabika. Kedua jenis kopi Garut ini diolah secara sendiri.

Aten mengaku, guna mempercepat produksi pembuatan kopi, pihaknya telah mendatangkan peralatan yang canggih. Hal ini dilakukan guna mempercepat dalam memproduksi.

Baca Juga: Gandeng Ifan Seventeen dan PMI, Advokat Squad Indonesia Gelar Donor Darah

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X