UGM Buka Seleksi Jalur Mandiri Pendaftaran hingga 21 Juni, Simak Jadwal Lengkap dan Persyaratannya

- 27 Mei 2023, 15:40 WIB
Seleksi mandiri UGM telah dibuka./Sumber Foto: ugm.ac.id
Seleksi mandiri UGM telah dibuka./Sumber Foto: ugm.ac.id /

GALAMEDIANEWS - Universitas Gadjah Mada (UGM) telah membuka seleksi jalur mandiri melalui Ujian Mandiri-Computer Based Test (UM-CBT) 2023. Pendaftaran dilakukan sejak 22 Mei hingga 21 Juni 2023 pukul 15.00 WIB.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Prof. Dr. Wening Udasmoro, S.S., M.Hum., DEA., menyebutkan bahwa UGM membuka 93 program studi (prodi) pada penerimaan mahasiswa baru jalur UM-CBT UGM 2023.

“Ada 93 prodi yang dapat dipilih calon mahasiswa melalui seleksi UM-CBT UGM 2023 meliputi 71 prodi Sarjana (S1) dan 22 prodi Sarjana Terapan (D4),” kata Wening.

Baca Juga: Di Bandung Banyak Jalan dan Trotoar Tidak Nyaman, Pemkot Segera Lakukan Perbaikan

Baca Juga: SEMIFINAL Malaysia Masters 2023 Hari Ini, Indonesia Berpeluang Meraih Tiga Tiket Final

Waning mengatakan pendaftaran seleksi jalur mandiri penerimaan mahasiswa baru melalui tes UM-CBT UGM dapat dilakukan secara online.

Adapun sistem penilaian yang digunakan adalah kombinasi antara nilai hasil tes UM-CBT yang diselenggarakan oleh UGM dan skor yang dihasilkan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT).

UM-CBT UGM 2023 memiliki tiga kelompok ujian yang dimana calon mahasiswa baru dapat memilih salah satu dari kelompok ujian tersebut.

Kelompok ujian di antaranya adalah ujian sains dan teknologi (saintek), ujian sosial dan humaniora (soshum), dan kelompok ujian campuran (saintek dan soshum).

“UM-CBT UGM akan digelar di lima kota yaitu Pekanbaru, Medan, Makasar, Balikpapan, Jakarta, dan Yogyakarta. Khusus untuk kelompok ujian campuran hanya tersedia di Yogyakarta,” ucap Wening.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x