Hari Lahir Pancasila Diperingati Setiap 1 Juni: Berikut Sejarah Lengkapnya

- 31 Mei 2023, 16:19 WIB
Sejarah Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni 
Sejarah Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni  /bpip.go.id/

 

GALAMEDIANEWS - 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila yang akan selalu dimeriahkan setiap tahunnya oleh masyarakat Indonesia dan menjadi salah satu hari penting bagi bangsa Indonesia.

Sebagai salah satu cara memperingati hari bersejarah ini, akhirnya Hari Lahir Pancasila kemudian ditetapkan sebagai hari nasional melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016.

Penetapan Hari Lahir Pancasila pada dasarnya merujuk pada pidato Ir. Soekarno yang disampaikan dalam sidang kedua BPUPKI yang mana pada waktu ini dilakukan pada tanggal 1 Juni 1945 dan bertajuk Lahirnya Pancasila”.

Pada dasarnya, pidato Ir. Soekarno tersebut tidak memiliki judul dan baru mendapat tajuk dengan "Lahirnya Pancasila" yang diberikan oleh Dr. Radjiman Wedyodiningrat yang merupakan mantan Ketua BPUPKI dalam kata pengantar dari sebuah buku yang berisi pidato tersebut yang kemudian dibukukan oleh BPUPKI.

Baca Juga: Hari Lahir Pancasila 2023: Inilah Logo dan Temanya!

Sejarah Hari Lahir Pancasila

Sebagaimana dilansir GalamediaNews dari lama Kementerian Keuangan Republik Indonesia, pada awalnya, Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan/BPUPKI) melakukan pembahasan perihal dasar negara Indonesia menuju kemerdekaan dalam sidang pertama yang digelar pada 29 Mei 1945.

Setelah sidang pertama berhasil digelar, maka diteruskan dengan sidang kedua yang digelar pada 1 Juni 1945. Dalam kesempatan ini, presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, mendeklarasikan gagasan tentang konsep Pancasila sebagai dasar negara.

Dalam pidatonya tersebut, Ir. Soekarno menyampaikan gagasan dasar negara Indonesia merdeka yang diberi nama Pancasila. Soekarno pun menjelaskan perihal makna dibalik dasar negara yang disampaikannya itu.

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: kemenkeu.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x