Ikuti Upacara Kemerdekaan RI ke-75 di Rusia, Cewek Bule Kenakan Batik dan Kebaya

- 17 Agustus 2020, 19:58 WIB
Upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI di KBRI Moskow, Rusia.(Foto: KBRI Moskow)
Upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI di KBRI Moskow, Rusia.(Foto: KBRI Moskow) /

GALAMEDIA - Ada hal yang unik pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan RI di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskow, Rusia pada Senin 17 Agustus 2020 waktu setempat.

Upacara diikuti seluruh staf KBRI Moskow, baik Warga Negara Indonesia (WNI) maupun warga Rusia, serta pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Moskow. Sebagian besar peserta wanita menggenakan kebaya atau batik khas Indonesia.

Salah satu staf KBRI Moskow berkewarganegaraan Rusia, Elizaveta Vedutova mengutarakan rasa bangganya mengikuti upacara ini bersama staf KBRI Moskow lainnya.

Baca Juga: Gedung MPP 'Jenderal Sudirman Kota Solo Diresmikan di Hari Kemerdekaan RI

Elizaveta disebut sudah 16 tahun bekerja di KBRI Moskow dan selalu mengikuti upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI.

"Dirgahayu Republik Indonesia," kata Elizaveta dalam keterangan tertulis, Senin 17 Agustus 2020.

Dalam upacara tersebut, Wakil Duta Besar RI untuk Rusia, Azis Nurwahyudi bertindak sebagai pemimpin upacara. Dia mengatakan upacara dilaksanakan secara sederhana, dan singkat, namun khidmat.

Baca Juga: Seorang Napi Terorisme di Jabar Hirup Udara Bebas di Momen HUT RI ke-75

Lebih lanjut dia bilang bahwa upacara dilakukan sesuai arahan dari Istana Negara RI dan memperhatikan protokol kesehatan di Rusia. Lalu, peserta upacara tahun ini sangat terbatas, hanya staf KBRI Moskow.

Masyarakat Indonesia di Rusia dan Belarus kata Azis sudah diimbau sebelumnya untuk mengikuti upacara peringatan ini secara daring di tempat masing-masing melalui media sosial KBRI Moskow.

"Pelaksanaan peringatan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya karena dalam situasi pandemi Covid-19. Tidak ada acara temu masyarakat dan panggung hiburan bersama," ujar dia.

Baca Juga: Kenali, Ini Ciri Khas di Uang Pecahan Rp 75 Ribu Edisi Spesial HUT RI

Untuk menyemarakkan perayaan, KBRI Moskow pun telah menyelenggarakan beberapa lomba secara langsung di KBRI Moskow yang diikuti oleh seluruh staf di lingkungan KBRI Moskow.

Lomba tersebut adalah gaple, joged Poco-Poco, catur, tenis meja, bola voli dan lomba hiburan lainnya.

Selain itu ada juga lomba secara dalam jaringan (daring) bagi masyarakat Indonesia di Rusia dan Belarus yakni lomba video blog (vlog) bertema nasionalisme dan Indonesia maju serta lomba foto mengikuti upacara 17 Agustus.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x