Hari Keamanan Pangan Sedunia (World Food Safety Day), Sejarah dan Maknanya

- 7 Juni 2023, 06:21 WIB
Hari Keamanan Pangan Sedunia (World Food Safety Day), Sejarah dan Maknanya
Hari Keamanan Pangan Sedunia (World Food Safety Day), Sejarah dan Maknanya /www.foodsafetyculture.co.za/

GALAMEDIANEWS - Sebuah resolusi diadopsi pada 20 Desember 2018 oleh Majelis Umum PBB untuk menandai 7 Juni sebagai hari “merayakan segudang manfaat makanan yang aman”.

Majelis Kesehatan Dunia (WHA) mengeluarkan resolusi pada 3 Agustus 2020, mendeklarasikan 7 Juni – Hari Keamanan Pangan Sedunia setiap tahun. Hari Keamanan Pangan Sedunia pertama di adopsi oleh Majelis Umum PBB pada Desember 2018.

Tema Hari Keamanan Pangan pertama tahun 2019 adalah “Keamanan Pangan, Urusan Semua Orang”.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menugaskan dua badannya, Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk memimpin upaya mempromosikan keamanan pangan di seluruh dunia.

Baca Juga: Siasati Kekeringan Akibat El Nino, Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta Lakukan Ini

organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bekerja sama dengan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) Perserikatan Bangsa-Bangsa memutuskan untuk merayakan 7 Juni sebagai hari keamanan pangan pertama sejak 7 Juni 2019.

Apa itu Keamanan Pangan?

Keamanan pangan adalah tidak adanya tingkat bahaya yang aman dan dapat diterima dalam makanan yang dapat membahayakan kesehatan konsumen.

Bahaya yang ditularkan melalui makanan dapat bersifat kimia atau fisik dan seringkali tidak terlihat oleh mata biasa. Contoh: virus, bakteri atau residu pestisida dan elemen mikrobiologi, dll.

Mengapa keamanan pangan diperlukan?

Sesuai perkiraan, hampir 600 juta orang di dunia jatuh sakit dan 420.000 meninggal setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi virus, bakteri, parasit, atau zat kimia setiap tahunnya.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: jagranjosh.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x