Korea Selatan Jadi Anggota Dewan Keamanan PBB, Korea Utara Luncurkan Misil

- 7 Juni 2023, 07:57 WIB
Korea Selatan Terpilih Jadi Anggota Dewan Keamanan PBB
Korea Selatan Terpilih Jadi Anggota Dewan Keamanan PBB /Korea Times/

GALAMEDIANEWS - Korea Selatan terpilih jadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) melalui pemungutan suara majelis umum PBB di New York, Amerika Serikat, pada 5 Juni 2023.

Korea Selatan menjadi salah satu dari 10 anggota tidak tetap DK PBB yang akan menjabat selama 2 tahun kedepan sampai 2024.

Kandidat satu-satunya dari kawasan Asia ini berhasil mendapatkan persetujuan melalui pemungutan suara di majelis umum PBB. Ini merupakan menjadi kali ketiga Korea Selatan sebagai anggota DK PBB.

Sebelumnya Korea Selatan pernah menjadi anggota dewan tidak tetap untuk pertama kalinya pada tahun 1996-1997. Terakhir Korea Selatan menjadi anggota DK PBB pada tahun 2013-2014 atau 11 tahun yang lalu.

Baca Juga: Hari Pertama PPDB Jabar 2023 Mencapai 57 Ribu Pendaftar, Simak Jadwalnya Jangan Sampai Terlewat

Agar dapat terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, setidaknya setiap negara perlu mendapatkan dukungan dari 2/3 suara negara-negara anggota yang hadir dalam majelis umum yang berjumlah 193 negara anggota.

Negeri ginseng ini, berjanji akan memperkuat badan PBB dalam mengatasi permasalahan Korea Utara dan tantangan keamanan global lainnya ke arah yang lebih baik.

Pada waktu terpilihnya Korea Selatan sebagai anggota tidak tetap DK PBB, Korea Utara diketahui meningkatkan pengembangan program nuklir dan juga misil.

Baca Juga: Hari Keamanan Pangan Sedunia (World Food Safety Day), Sejarah dan Maknanya

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: Korea Times


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x