Mengenal RRP, Program PBB untuk Membantu Pengungsi Ukraina

- 7 Juni 2023, 07:20 WIB
Infografis negara yang menjadi fokus program RRP
Infografis negara yang menjadi fokus program RRP /UNHCR/

GALAMEDIANEWS – Konflik bersenjata yang terjadi antara Ukraina dan Rusia telah berlangsung selama lebih dari satu tahun. Konflik berkepanjangan ini menyebabkan jutaan orang terpaksa harus mengungsi keluar dari rumah mereka untuk mencari perlindungan di negara lain.

Hal ini akhirnya mengharuskan Perserikatan Bangsa-Banga (PBB) melalui United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) untuk merancang berbagai program bantuan untuk para pengungsi yang salah satunya disebut sebagai Regional Refugee Response Plan (RRP).

RRP merupakan program yang dirancang PBB untuk membantu mempermudah para pengungsi dari Ukraina untuk mendapatkan bantuan dan perlindungan yang dibutuhkan mereka di negara tujuan masing-masing.

Program RRP ini diadakan dengan memperkuat kapabilitas negara penerima untuk mengurus para pengungsi yang datang dengan berkerjasama dengan berbagai partner lokal dengan total 243 organisasi/lembaga yang ikut terlibat dalam program RRP ini di berbagai negara.

Baca Juga: Hari Keamanan Pangan Sedunia (World Food Safety Day), Sejarah dan Maknanya

Program RRP ini sudah dirancang sejak awal konflik di tahun 2022 dengan melalui banyak revisi, dan akhirnya dengan masih berjalannya konflik bersenjata di Ukraina sampai tahun 2023, maka PBB merancang kembali program RRP ini untuk sepanjang tahun 2023 terutama ditambah dengan baru masuknya Republik Moldova sebagai negara partisipan penerima pengungsi yang dijadikan fokus bantuan program RRP di tahun ini.

Target Populasi dan Cakupan Wilayah Program RRP

Program RRP ini menargetkan untuk dapat melindungi setidaknya lebih dari 4 juta pengungsi dan diperkirakan membutuhkan biaya hingga 1.7 milyar US Dollar.

Program ini difokuskan untuk memberikan bantuan pada pengungsi yang berada di Hungaria, Moldova, Polandia, Romania, Slovakia, dan negara lainnya yang masih berdekatan dengan Ukraina.

Memberikan Bantuan Kebutuhan Pokok dan Fasilitas Memadai bagi Para Pengungsi

Hal utama yang dijadikan agenda dalam program RRP ini adalah menyediakan berbagai kebutuhan dasar untuk para pengungsi. Kebutuhan dasar tersebut meliputi kebutuhan makanan, air, serta obat-obatan.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: UNHCR.org


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x