184 Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unisba Ikuti Pesantren Calon Dokter

- 8 Juni 2023, 15:33 WIB
Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unisba ikut pesantren calon dokter
Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unisba ikut pesantren calon dokter /Humas Unisba/

 

GALAMEDIANEWS – Sebanyak 184 mahasiswa Program Pendidikan Profesi Dokter (P3D) mengikuti kegiatan Pesantren Calon Dokter angkatan ke VIII Tahun Akademik 2022-2023 di Aula Kampus 2 Ciburial Unisba, Rabu (7/6).

Sebelum terjun ke masyarakat, mahasiswa kedokteran Unisba harus melalui tiga kali kegiatan pesantren, mulai dari Pesantren Mahasiswa, Pesantren Calon Sarjana, dan terakhir Pesantren Calon Dokter.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menghasilkan dokter yang tidak hanya ahli di bidangnya tapi juga memiliiki kemampuan praktis dan operasional dalam bidang agama islam.

Kepala Bagian Pendidikan Agama Islam, Pesantren dan Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian, Parihat Kamil, Dra., M.Si., mengatakan, profil ideal seorang muslim adalah mampu menjadi khairah ummah sebagaimana tercantum dalam surat Al-Imran ayat 110.

Baca Juga: Fikom Unisba Gelar Rangkaian Milad ke-40, Siap Hadapi Tantangan Entrepreneurial University

Mahasiswa Fakuktas Kedokteran Unisba ikuti pesantren calon dokter
Mahasiswa Fakuktas Kedokteran Unisba ikuti pesantren calon dokter

Dalam ayat tersebut disebutkan dikatakan umat yang paling baik di dunia adalah umat yang mempunyai dua macam sifat, yaitu mengajak kebaikan serta mencegah kemungkaran, dan senantiasa beriman kepada Allah.

Parihat Kamil mengatakan, untuk mencapai misi tersebut lulusan Unisba harus bisa menunjukan jati dirinya sebagai dokter muslim dengan menerapkan beberapa aspek.

Pertama di bidang keimanan diharapkan dokter muslim mampu melaksanakan ibadah dengan sebaik-baiknya dalam berbagai kondisi. Kemudian, di bidang muamalah, dokter muslim bisa berkomunikasi dengan baik dengan pasien yang diwarnai nilai-nilai islam.

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: unisba.ac.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x