Trikora Hingga Malaumkarta Jadi Permata Indah di Ujung Negeri

- 10 Juni 2023, 18:51 WIB
Tugu Gonof tempat pendaratan pertama pasukan Raider Kodam V Brawijaya di Kampung Malaumkarta.
Tugu Gonof tempat pendaratan pertama pasukan Raider Kodam V Brawijaya di Kampung Malaumkarta. /Antara/

GALAMEDIANEWS - Setelah kemerdekaan 17 Agustus 1945 lalu, Bangsa Indonesia tak serta merta bisa merebut kembali daerah kedaulatan secara utuh dari cengkraman Belanda.

Masa penjajahan selesai bukan berarti konflik juga ikut selesai. Pada masa itu, Tanah Air masih harus menghadapi persoalan yang cukup krusial seperti perebutan wilayah.

upaya pun telah dilakukan Bangsa Indonesia dalam merebut kembali keutuhan NKRI. Operasi Trikora (Tri Komando Rakyat) adalah salah satu bentuk perjuangan Indonesia untuk Irian Barat (Kini menjadi Papua Barat dan Papua Barat Daya).

Baca Juga: Manchester United Didesak Segera Rekrut Diogo Costa

Selama menjalankan operasi melawan KNIL (Koninklijk Nederlands-Indisch Leger) atau Tentara Belanda, ternyata kejadian itu menjadi memori bersejarah untuk penduduk setempat.

Benjamin Kalami (65) adalah tokoh adat Suku Moi, ia merupakan saksi hidup bagaiman perjuangan militer Indonesia mempertahankan kedaulatan NKRI di sekitar tempat tinggalnya.

Dari getirnya pertempuran itu terlahirlah Malaumkarta, sebuah kampung yang masuk wilayah Distrik Makbon, Sorong, Papua Barat Daya.

Histori Kampung Malaumkarta

Benyamin bercerita, bahwa prajurit Kodam V/Brawijaya lah yang memiliki gagasan agar kampung ini berdiri untuk dijadikan tempat pengungsian dari beberapa dusun disekitar Malaumkarta.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x