Patung Bung Karno Bakal Berdiri Kokoh di Tugu Trikora Pulau Lembeh, Puan: Kita Tak Bisa Didikte Negara Lain

- 9 Februari 2022, 21:52 WIB
Ílustrasi. Patung Bung Karno menunggang kuda  di depan area kompleks kantor Kementerian Pertahanan, Medan Merdeka Barat, Jakarta. Patung yang diresmikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri bertepatan dengan hari lahir Bapak Proklamator Indonesia tersebut merupakan pengingat momentum pertama kali Indonesia menunjukan pada dunia internasional telah memiliki angkatan bersenjata saat peringatan Hari Angkatan Bersenjata pada 5 Oktober 1946.
Ílustrasi. Patung Bung Karno menunggang kuda di depan area kompleks kantor Kementerian Pertahanan, Medan Merdeka Barat, Jakarta. Patung yang diresmikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri bertepatan dengan hari lahir Bapak Proklamator Indonesia tersebut merupakan pengingat momentum pertama kali Indonesia menunjukan pada dunia internasional telah memiliki angkatan bersenjata saat peringatan Hari Angkatan Bersenjata pada 5 Oktober 1946. /Indrianto Eko Suwarso/ANTARA FOTO

 

GALAMEDIA - Patung Sukarno bakal kembali berdiri di Tugu Trikora, Pulau Lembeh, Bitung, Sulawesi Utara. Ketua DPR RI Puan Maharani meletakkan batu pertama pembangunan patung tersebut, Rabu, 9 Februari 2022.

Kegiatan tersebut digelar usai cucu Bung Karno tersebut melakukan itu sehari setelah meresmikan Monumen Sukarno di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara.

"Kalau dilihat, sebenarnya ada garis merah semangat kebangsaan yang ditegaskan Presiden Sukarno dengan datang ke Pulau Morotai dengan Tugu Trikora di Pulau Lembeh ini yang sebentar lagi akan ada patung Bung Karno di sini," kata Puan lewat siaran pers.

Puan mengenang perjuangan Indonesia merebut Irian Barat (Papua Barat) lewat operasi Tri Komando Rakyat (Trikora) di bawah komando Sukarno.

Disebutkan, kakeknya itu telah menggelorakan operasi Trikora untuk menegakkan kedaulatan Indonesia atas Irian Barat (kini Papua) yang kala itu masih duduki Belanda.

Baca Juga: Survei Elektabilitas: Edy Rahmayadi Jago Barat, Zulkieflimansyah Jaya diTimur dan di Jawa Anies vs Ganjar

Puan menegaskan kedaulatan bangsa Indonesia harus dijaga seluruh wilayah. Tak hanya di Jawa, tetapi juga di Sulawesi, Papua dan pulau lainnya.

"Bahwa Indonesia itu bukan hanya Jawa, bukan hanya Sumatera, tetapi juga termasuk Sulawesi, termasuk Maluku. Bahwa Indonesia itu termasuk Papua yang dibebaskan dari penjajahan dengan operasi Trikora yang dicetuskan oleh Presiden Soekarno," kata Puan.

Puan menilai sejarah Trikora bisa menjadi semangat yang digelorakan semua rakyat Indonesia saat ini. Salah satunya semangat bahwa Indonesia adalah bangsa berdaulat.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x