Pengamat Sebut PBNU di Bawah Gus Yahya Milik Banyak Partai, Dominan PDIP: Puan…

- 2 Februari 2022, 13:05 WIB
Pengamat Sebut PBNU di Bawah Gus Yahya Milik Banyak Partai, Dominan PDIP: Puan…
Pengamat Sebut PBNU di Bawah Gus Yahya Milik Banyak Partai, Dominan PDIP: Puan… /Twitter ANO @9itmr/tangkap layar Twitter -ANO @9itmr

GALAMEDIA - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai Struktur kepengurusan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) telah berubah.

Menurut Adi, struktur kepengurusan PBNU di bawah komando Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) memiliki corak politik yang berbeda dari kepemimpinan sebelumnya, Said Aqil Siradj.

Dalam pengamatan Adi, PBNU sebelum dipimpin Gus Yahya selalu diasosiasikan milik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Kini corak politik PKB tak lagi kental sejak struktural PBNU masa khidmat 2022-2027 dikukuhkan di Balikpapan, Kalimantan Timur pada Senin, 31 Januari 2022.

Dalam momentum tersebut, Adi berpandangan implementasi dari pernyataan Gus Yahya menegaskan sikapnya tak ingin PBNU dijadikan alat politik untuk PKB.

Baca Juga: Suami Keisha Ratuliu dan Baby Qwenzy Terpapar Covid-19, Warganet: Lekas Sehat Baby Qwenzy dan Papa Adhi

PKB diketahui saat ini dipimpin oleh Abdul Muhaimin Iskandar atau biasa dipanggil Cak Imin.

“Apalagi beberapa waktu lalu PBNU menegur keras Cak Imin karena memamerkan dukungan sejumlah PWNU di Jawa Timur, itu disebut menyalahi etika politik di PBNU,” ujarnya pada wartawan Rabu, 2 Februari 2022.

Dijelaskan pengamat politik ini, contoh sikap konkret PBNU sekarang juga terlihat dari tamu undangan yang hadir dalam acara pengukuhan yang dirangkai bersamaan dengan perayaan harlah ke-96 NU.

Baca Juga: Pembuat Tahu Berformalin Diamankan Polisi

Halaman:

Editor: Muhammad Ibrahim

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x