Candi Borobudur Bakal Jadi Tempat Wisata Spiritual Dunia

- 14 Juni 2023, 15:40 WIB
Puncak Candi Borobudur dipersiapkan untuk mejadi tempat wisata peribadatan Buddha di Asia Tenggara./unsplash / Mario La Pergola
Puncak Candi Borobudur dipersiapkan untuk mejadi tempat wisata peribadatan Buddha di Asia Tenggara./unsplash / Mario La Pergola /

GALAMEDIANEWS - Pembangunan dan penataan destinasi wisata Candi Borobudur kembali dibicarakan oleh Presiden Jokowi kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono pada rapat terbatas di istana negara Selasa, 13 Juni 2023.

Presiden Jokowi memberi arahan terkait pembangunan museum dan tempat ritual khusus keagamaan akan menjadi destinasi spiritual dunia.

Basuki mengatakan museum tersebut ditujukan bagi pengungunjung, sehingga mereka tidak perlu naik ke atas candi. Sejumlah infrastruktur pun telah dibangun seperti jembatan dan jalur untuk pejalan kaki atau boardwalk.

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Hias Daun yang Popular, Membuat Rumah Menjadi Lebih Nyaman dan Segar

Infrastruktur dibangun untuk mendukung Candi Borobudur menjadi destinasi wisata super prioritas.

Pemerintah Kabulaten Magelang pun turut andil dalam pembangunan tersebut dengan menyedian lahan seluas delapan hektare untuk digunakan sebagai tempat pembuangan akhir (TPA)

Selain itu, Pasar Seni Kujon akan dirombak dari yang semula dua lantai menjadi satu lantai. Hal tersebut dilakukan agar bangunan pasar tidak menghalangi pemandangan kemegahan Candi Borobudur.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x