Stok Pangan di Jawa Barat Dipastikan Aman di Tengah Fenomena El Nino

- 14 Juni 2023, 19:55 WIB
Acara JAPRI (Jabar Punya Informasi) dengan tema Antisipasi Kerawanan Pangan di Jabar, di Gedung Sate Bandung, Rabu, 14 Juni 2023./ist
Acara JAPRI (Jabar Punya Informasi) dengan tema Antisipasi Kerawanan Pangan di Jabar, di Gedung Sate Bandung, Rabu, 14 Juni 2023./ist /

GALAMEDIANEWS - Di tengah terjadinya fenomena El Nino, stok pangan pokok, khususnya padi di wilayah Jawa Barat dipastikan masih aman.

Meski begitu, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jabar tetap mewaspadai risiko kekeringan lahan pertanian sebagai dampak dari adanya El Nino.

Seperti diketahui, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan El Nino telah masuk di Jabar sejak bulan ini dan diprediksi akan berlangsung hingga Januari 2024.

Baca Juga: Segera Berlangsung! ini LINK NONTON LIVE STREAMING Timnas Indonesia vs Palestina, Kick-off Pukul 19.30 WIB

Kepala DKPP Provinsi Jabar Mohamad Arifin menyebutkan, dari 11 bahan pokok yang selalu menjadi pantauan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Jabar, tujuh di antaranya selalu surplus.

Sementara untuk empat bahan pokok lainnya, meski defisit bisa dipenuhi melalui perdagangan antardaerah provinsi.

"Pemprov Jabar sudah melaksanakan langkah dan antisipasi menghadapi El Nino baik dari sisi stok dan distribusinya," ujar Arifin dalam acara Jabar Punya Informasi (JAPRI) bertema 'Ancaman El Nino pada Karawanan Pangan di Jabar', di Aula Timur Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu, 14 Juni 2023.

"Terkait stok aman dan distribusi lancar sehingga kami tidak khawatir dengan kemungkinan adanya dampak El Nino. Kami hanya mengimbau kepada masyarakat jangan belanja berlebihan," tambahnya.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Pekalongan Hits, Murah, View Bagus,Instagramable, Cocok Dikunjungi Bersama Orang Tersayang

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah