Jelang Hari Jadi, Cimahi Kenalkan Logo Baru HUT ke 22 Tahun, 'Cimahi Ngahiji' Jadi Slogannya

- 16 Juni 2023, 22:21 WIB
 Logo baru menyambut HUT 22 Kota Cimahi.
Logo baru menyambut HUT 22 Kota Cimahi. /instagram / @cimahikota/

GALAMEDIANEWS - Tepat tanggal 21Juni 2023, Kota Cimahi menginjak usia ke-22 tahun. Sejumlah acara telah disiapkan untuk menyambut hari jadinya tersebut.


Sedikit mengulas kembali sejarah pembangunannya Kota Cimahi yang dibentuk pada tanggal 21 Juni 2001 menjadi kota otonom mandiri di wilayah Jawa Barat.

Dalam pembangunannya, Cimahi mengalami pasang surut masalah yang dihadapi, hal itu menjadikan sebuah tantangan bagi kota kecil ini untuk menghadapi segala dinamika yang terjadi.

Perencanaan pembangunan, pemerataan ekonomi, peningkatan infrastruktur dan fasilitas umum menjadi pekerjaan rumah yang harus dikerjakan oleh Pemerintah Daerah Kota Cimahi.
 
Baca Juga: Treasure Warnai Film Black Clover: Sword of the Wizard King dengan OST 'Here I Stand'

Cimahi memiliki luas wilayah 40,37 km² , dan memiliki jumalah penduduk 13.850 Jiwa/km² menjadi salah satu kota terpadat yang ada di Jawa barat atau bisa juga di Indonesia.

Dalam memperingati hari kelahirnnya pada bulan ini, Cimahi mengangkat tema "Ngawangun Cimahi Sangkan Jadi Nomor Hiji" kata tersebut diambil dari akronom Bahasa Sunda yang artinya "Membangun Cimahi Untuk Menjadi Nomor Satu". Dikutip oleh GALAMEDIANEWS dari cimahikota.go.id pada Jumat 16 Juni 2023.

Filosofinya adalah pembangunan Kota Cimahi harus saling bersatu padu agar menciptakan pembangunan yang sesuai dengan harapan masyarakat.

Adapun logo resmi HUT ke-22 yang di publish oleh pemerintah kota Cimahi memiliki slogan 'Cimahi Ngahiji' yang berarti Cimahi memiliki api semangat yang membara dalam persatuan untuk meraih kejayaan.
 
Baca Juga: TEBARU, Elektabalitas Ganjar Pranowo Tertinggal Jauh dari Prabowo Subianto

Elemen-elemen yang terdapat pada logo tersebut yakni logo utama yang bermakna simbol api, simbol tangan yang saling menggenggam, adapula kujang sebagai simbol senjata rakyat Jawa Barat, kemudian sayap sebagi simbol mengembangkan kekuatan.

Warna biru dan orange menjadi warna logo HUT 22 Kota Cimahi saat ini, yang masih senada dengan Logo utama Kota Cimahi.

Semangat simbol HUT ke 22 Kota Cimahi "Cimahi Ngahiji" selaras dengan perjuangan masyarakat dan juga para stakeholder (pemangku kebijakan) untuk terus berjuang membangun Kota Tentara supaya menjadi kota yang lebih baik, lebih nyaman, dan lebih sejahtera bagi masyarakatnya.
 
Baca Juga: BLACK CLOVER Season 5 Bakal Hadir! Kapan Jadwal Rilisnya? Terhambat Bleach TYBW dan Boruto Part 2

Arti logo dari HUT Cimahi yang ke 22 Tahun yakni :

1. Tangan Saling Menggenggam

Merupakan simbol dari tema besar yaitu Cimahi Ngahiji yang memiliki arti bersama membangun dan menjadikan kota Cimahi yang unggul dalam segala bidang.

2. Kujang

Merupakan senjata tajam rakyat Jawa Barat yang mengandung makna kejayaan kekuatan serta ketajaman dalam melindungi hak dan kebenaran.

3. Sayap

Melambangkan kekuatan, kesanggupan serta dinamika kemauan untuk terus berkembang dan terbang ke atas

4. Simbol Api

Elemen api dapat diartikan sebagai semangat kekuatan dan harapan untuk dapat terus menjadi cahaya yang dapat menerangi serta bermanfaat bagi sekitarnya.***

Editor: Dicky Aditya

Sumber: cimahikota.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x