Kepadatan Arus Lalu Lintas di Lembang Paksa Polisi Terapkan Sistem Buka Tutup Jalur

- 20 Agustus 2020, 16:17 WIB
Situasi jalur Lembang (Twitter @dishub_jabar)
Situasi jalur Lembang (Twitter @dishub_jabar) /

GALAMEDIA - Libur panjang Tahun Baru 1 Muharram 1442 H ini sejumlah warga menyerbu kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) Jawa Barat (Jabar). Kamis 20 Agustus 2020 arus lalu lintas di kawasan tersebut sangat padat.

Hal tersebut memaksa aparat kepolisian untuk menerapka sistem buka tutup jalur di simpang Beatrix.

Berdasarkan pantauan terlihat kendaraan pribadi mendominasi di Jalan Raya Lembang. Kendaraan pribadi tersebut rata-rata berpelat nomor D, B, dan E.

Baca Juga: Penyandang Status Gadis Tercantik di Dunia Ini Tumben Tampil Mengenakan Bikini dengan Rambut Basah

Kaur Bin Ops (KBO) Satlantas Polres Cimahi Iptu Duddy Iskandar menyatakan, volume kendaraan saat libur Tahun Baru Islam di kawasan wisata Lembang mengalami peningkatan hingga 40 persen dibanding dengan arus lalu lintas hari sebelumnya.

"Untuk libur Tahun Baru Islam hari ini, mulai ada peningkatan volume kendaraan di Lembang sampai 40 persen. Kondisinya sama kondisinya dengan saat libur Agustusan kemarin," ujar Duddy di Lembang.

Baca Juga: Weis, Anya Geraldine Diberi Kebebasan Untuk Selingkuh

Ia menyatakan pihaknya menerapkan sistem buka tutup jalur untuk mengurai padatnya arus lalu lintas. Buka tutup jalur dilakukan mulai dari Simpang Beatrix hingga RSUD Lembang.

"Sejauh ini sudah dua kali buka tutup jalur untuk menarik kendaraan karena kita utamakan dulu yang mau masuk ke kawasan Lembang. Tadi itu ekor kendaraannya sudah sampai di perbatasan Bandung dan KBB (Cidadap)," ujarnya.

Menurut Duddy, sejak pagi hingga siang pukul 13.00 WIB, kendaraan dari luar Bandung raya lebih dominan masuk ke jalur wisata.

Baca Juga: Nyatakan Berjuang Atas Komando Habib Rizieq, PA 212 Ogah Gabung dengan Gatot Nurmatyo Cs dalam KAMI

Sementara puncak arus lalu lintas pada libur panjang kali ini diprediksi terjadi pada hari Sabtu 22 Agustus 2020 mendatang. Untuk itu, petugas kepolisian sudah disiagakan untuk mengatasi kepadatan kendaraan.

"Puncak kunjungan wisatawan diprediksi Sabtu nanti. Tapi kita belum bisa prediksi berapa persen peningkatan volume kendaraannya," ungkapnya.

Seperti diketahui, kawasan Lembang memiliki sejumlah destinasi pariwisata. Seperti The Great Asia Africa, Farmhouse, Gunung Tangkuban Parahu, Floating Market, Dusun Bambu, dan The Lodge Maribaya.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x