Miliki Kesamaan Latar Belakang Budaya, Jateng-Bali Sepakat Bekerjasama

- 18 Juni 2023, 19:12 WIB
Ganjar Pranowo dan I Wayan Koster, Sepakati Kerjasama Budaya Jateng dan Bali Tag: Jateng, Bali, Kerjasama, Budaya. / jatengprov.go.id
Ganjar Pranowo dan I Wayan Koster, Sepakati Kerjasama Budaya Jateng dan Bali Tag: Jateng, Bali, Kerjasama, Budaya. / jatengprov.go.id /

GALAMEDIANEWS - Jawa Tengah dan Bali, memiliki ciri khas kebudayaan yang hampir mirip. Rupa kesenian dan tradisi yang lekat, bertonggak pada sejarah panjang zaman kerajaan di Nusantara.

Dengan kemiripan latar belakang sejarah tersebut, memantapkan terjadinya kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Provinsi Bali di bidang kebudayaan.

Galamedianews mengutip pemberitaan dari website resmi Pemprov Jateng, jatengprov.go.id, pada Jumat 16 Juli 2023, kesepakatan kerjasama Jateng & Bali tersebut ditandai dengan pementasan tradisi kedua provinsi.

Baca Juga: Brasil 4-1 Guinea: Brasil Mengenakan Seragam Serba Hitam dalam Pesan Anti-rasisme

Bertempat di Plaza Sanur, Bali, penampilan memukau enam penari Gambyong diiringi gamelan yang mendayu, mampu menghibur ribuan tokoh adat yang hadir.

Setelah tarian Jawa klasik asal Surakarta tersebut sukses dipentaskan, disusul penampilan tiga penari Bali yang tak kalah indahnya. Menampilkan keelokan tarian Taruna Jaya, yang diiringi rancak gamelan khas Pulau Dewata.

Pementasan kedua tarian tersebut menjadi simbol kerja sama budaya Jawa-Bali, yang juga disaksikan Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bersama Gubernur Bali, I Wayan Koster sepakat menjalin kerja sama kebudayaan diantara kedua provinsi tersebut.

“Jawa dan Bali memiliki ikatan yang kuat dan memiliki kesamaan tradisi, seni, dan budaya. Sebut saja misalnya kenduri, ruwatan, weton, wayang, sinden, gamelan, konsep adab atau sopan santun, sampai konsep kepemimpinan,” terang Ganjar.

Halaman:

Editor: Ryan Pratama

Sumber: Jatengprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x