Workshop Peliputan Pemilu 2024, Upaya Kolaborasi Sukseskan Pesta Demokrasi

- 19 Juni 2023, 18:51 WIB
Kick Off Workshop Peliputan Pemilu 2024 yang diinisiasi oleh Dewan Pers, Senin 19 Juni 2023. / antaran
Kick Off Workshop Peliputan Pemilu 2024 yang diinisiasi oleh Dewan Pers, Senin 19 Juni 2023. / antaran /

GALAMEDIANEWS - Masyarakat Indonesia semakin mendekati waktu pelaksanaan Pemilu 2024. Selain menjadi ajang perang ide dan gagasan para peserta Pemilu, Pesta Demokrasi ini juga menjadi tantangan nyata bagi Bangsa Indonesia menuju kedewasaan sikap menghargai perbedaan pendapat.

Galamedianews melansir antaranews.com, untuk kesuksesan pelaksanaan Pemilu 2024, Dewan Pers menyelenggarakan Kick Off Workshop Peliputan Pemilu 2024 guna mengupayakan adanya kesamaan pandangan dari partai politik (parpol), penegak hukum, lembaga penyelenggara pemilu, pemangku kepentingan, dan insan pers tentang pemberitaan pemilu.

Bertempat di Hall Dewan Pers, Jakarta, Senin 19 Juni 2023, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, mencontohkan kesamaan pandangan yang perlu diatur dalam pemberitaan pemilu itu adalah mengenai kecepatan publikasi berita. Menurutnya belum ada kesamaan pandangan terkait dengan hal tersebut, terutama antara insan pers dan partai politik.

Baca Juga: Link Live Streaming Timnas Indonesia Vs Argentina, Malam Ini, Bisa Klik Disini

"Ada keluhan, ini beritanya penting, teman-teman media sudah mau memberitakan, tapi butuh konfirmasi, enggak dapat misalnya (dari parpol). Padahal di era digital ini, pemberitaan enggak bisa lama. Sekarang, ya sekarang juga harus ditayangkan. Nah, itu yang para teman-teman parpol juga harus memahami kebutuhan informasi ini," jelas Ninik.

Dewan Pers melalui Workshop tersebut, juga ditujukan untuk membangun kerja kolaboratif dari partai politik, lembaga-lembaga penyelenggara pemilu, masyarakat sipil, dan insan pers agar pemberitaan mengenai Pemilu 2024 tetap berimbang, akurat, dan berpegang teguh pada kode etik jurnalistik.

Selain itu, workshop tersebut diharapkan pula mampu memastikan pemberitaan mengenai pemilu berisi informasi akurat dan tidak menimbulkan kegaduhan.

Baca Juga: Pemprov Jabar Permanenkan WFA, ASN Bisa Kerja dari Mana Saja

Workshop yang diikuti pula oleh sebelas konstituen Dewan Pers ini akan digelar di 23 atau 24 titik mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Meskipun begitu, Dewan Pers belum merilis tanggal pelaksanaan workshop tersebut.***

Editor: Ryan Pratama

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x