Libur Panjang Tidak Pengaruhi Lonjakan Penumpang di Terminal Cicaheum Bandung

- 21 Agustus 2020, 17:30 WIB
Terminal Cicaheum Kota Bandung
Terminal Cicaheum Kota Bandung /



GALAMEDIA - Meski libur panjang, namun jumlah penumpang di Terminal Cicaheum Bandung tidak mengalami peningkatan signifikan.

Kepala Terminal Cicaheum, Roni Hermanto mengatakan, pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), jumlah penumpang tidak mengalami lonjakan. Termasuk pada hari libur nasional dan weekend.

Menurutnya, jumlah penumpang yang berangkat dari terminal sejak dibuka kembali pada 13 Juni 2020, sekitar 600-650 orang tiap harinya. Kondisi ini dinilai normal ditengah masa pendemi Covid-19.

Baca Juga: Ada Bantuan dari Pemerintah, Para Pelaku Usaha Mikro di Cimahi Diminta Aktif Daftarkan Diri

"Jumlah penumpang ketika masih normal atau sebelum pendemi Covid-19, keberangkatan tiap hari sekitar 1.600 orang, bahkan bisa lebih ketika masa liburan," ungkapnya saat dihubungi via telepon seluler, Kota Bandung, Jumat, 21 Agustus 2020.

Dikatakannya, pada masa normal tersebut, jumlah armada yang melayani penumpang di Terminal Cicaheum, mencapai 160-170 Bus. Namun pada masa pandemi saat ini, arus penumpang tidak mengalami perbedaan, baik pada masa libur atau hari biasa.

Roni menuturkan, kondisi tersebut, karena masih banyak masyarakat yang berada di kampungnya masing-masing, setelah pandemi virus corona mulai mereda di Indonesia.

Baca Juga: Fadli Zon Kembali 'Serang' Jokowi Soal Covid-19, Pemberian Bintang Mahaputera Tak Berpengaruh

"Kemungkinan ketika Tahun Baru akan ramai lagi, sebab situasi yang diperkirakan sudah lebih normal," ujarnya.

Walau demikian, pihaknya memastikan penerapan protokol kesehatan tetap dilakukan dalam mengangkut penumpang, seperti pembatasan jumlah penumpang yang disesuaikan dengan kapasitas bus.

"Jadi satu armada bus hanya mengangkut 10 hingga 12 penumpang atau setengah dari kapasitas sebenarnya. Serta tetap jaga jarak dan diwajibkan untuk menggunakan masker. Sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19," tambahnya.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x