Menko PMK Muhadjir Effendy Sebut Ponpes Al Zaytun Sudah Mirip Negara, Bisa Mengarah Penyimpangan Ekstrim

- 28 Juni 2023, 21:22 WIB
Muhadjir Effendy sebut Ponpes Al Zaytun sudah mirip negara.
Muhadjir Effendy sebut Ponpes Al Zaytun sudah mirip negara. /Instagram @muhadjir_effendy/


GALAMEDIANEWS - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebutkan bahwa Al Zaytun bukan sekedar pondok pesantren, namun sudah mirip negara.

Muhadjir menyebut Al-Zaytun sebagai lembaga pendidikan yang dipimpin oleh Syekh Panji Gumilang ini sudah mengarah kepada Komune atau mirip negara sendiri.

“Penilaian saya sementara Al Zaytun ini bukan hanya sebagai ponpes, sudah merupakan Komune,” kata Muhadjir sebagaimana dikutip dari PMJ News oleh galamedianews pada 28 Juni 2023.

Baca Juga: Resep Idul Adha 2023, Sate Padang ala Devina Hermawan Makanan Gurih Berempah

Dugaan tersebut diperkuat adanya struktur hirarki yang terbentuk dalam sistem kemasyarakatan di ponpes Al Zaytun yang membuat orang-orang didalamnya tunduk dengan pemimpinnya.

“Komune itu artinya sebuah sistem kemasyarakatan yang sudah mirip negara, di sana sudah ada struktur hierarki, ada regulasi, dan regulasi itu sudah dibikin sedemikian rupa yang lebih mengedepankan kepatuhan kepada pimpinan,” ucap Muhadjir.

Muhadjir bahkan sempat menyinggung mengenai Komune yang berkembang di luar negeri seperti di Amerika Serikat ataupun Jepang. Makan komuni di negara tersebut telah mengarah kepada penyimpangan yang ekstrim.

Ia bahkan menambahkan bahwa Komune di luar negeri ini bisa mengarahkan kepada tindakan berbahaya seperti pembunuhan hingga kejahatan lain.

Baca Juga: 2 PTN di Jakarta Masih Membuka Pendaftaran Seleksi Mandiri, UI Salah Satunya

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x