Gempa Bumi Menengah Magnitudo 6,4 di Yogyakarta, Penyebab dan Dampaknya

- 1 Juli 2023, 07:40 WIB
 Gempa Bumi Menengah Magnitudo 6,4 di Yogyakarta, Penyebab dan Dampaknya./ Antara
Gempa Bumi Menengah Magnitudo 6,4 di Yogyakarta, Penyebab dan Dampaknya./ Antara /

GALAMEDIANEWS - Gempa Bumi Menengah dengan Magnitudo 6,4 Guncang Daerah Istimewa Yogyakarta: Dampak Dirasakan di Beberapa Wilayah Jawa.
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengonfirmasi bahwa gempa bumi tektonik dengan magnitudo 6,4 yang terjadi di Samudera Hindia selatan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Jumat (30/6) pukul 19.57.43 WIB merupakan gempa bumi menengah.

 

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, menjelaskan bahwa gempa ini terjadi akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia dan Eurasia.


Hasil analisis BMKG menunjukkan magnitudo gempa bumi sebesar 6,0. Episenter gempa berlokasi di laut dengan koordinat 8,63 LS, 110,08 BT, sekitar 81 KM arah Selatan Kota Wates, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada kedalaman 67 KM. Mekanisme pergerakan gempa ini adalah naik (thrust fault) berdasarkan analisis mekanisme sumber.


Gempa ini memberikan dampak yang dirasakan di beberapa daerah, termasuk Kulonprogo, Bantul, Nganjuk, Kebumen, dan Ponorogo, dengan skala intensitas IV MMI. Selain itu, dirasakan juga di Kediri dan Mojokerto dengan skala intensitas III MMI.

Gempa Bantul Dirasakan di Kota Sukabumi: BMKG Membantah Adanya Potensi Tsunami

 Baca Juga: GEMPA BANTUL YOGYAKARTA Terjadi Sebanyak 5 Kali, Kerusakan Terjadi di Sejumlah Daerah

Gempa bumi dengan magnitudo 6,6 yang terjadi di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Jumat (30/6) pukul 19.57 WIB juga dirasakan oleh sebagian warga Kota Sukabumi, Jawa Barat. Meskipun getarannya hanya berlangsung beberapa detik, namun cukup terasa di Kota Sukabumi. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Novian Rahmat, telah menginstruksikan petugas untuk bersiaga dalam mengantisipasi dampak yang mungkin terjadi.

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x