Mahfud MD Ungkap di Indonesia Ada Kelompok Apapun yang Dilakukan Pemerintah Selalu Salah

- 23 Agustus 2020, 14:50 WIB
Menko Polhukam RI, Mahfud MD.
Menko Polhukam RI, Mahfud MD. /Instagram.com/mohmahfudmd

GALAMEDIA - Berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), kebanyakan orang menilai kondisi perekonomian Indonesia saat ini sangat buruk. Pandemi Covid-19 memang tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan, tapi semua bidang kehidupan.

Merespons hal itu Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Pohukam) Mahfud MD mengatakan, merosotnya perekonomian tidak hanya terjadi di Indonesia. Sejumlah negara lain ada yang jauh lebih merosot dan sudah ada negara yang resesi, seperti Singapura.

"Kita merosot karena serangan Covid-19 tidak milih-milih negara, kuat atau lemah (kena dampak). Tidak ada yang tidak merosot," ujarnya dalam acara rilis survei SMRC dengan tema 'Kondisi Demokrasi Indonesia di Masa Covid-19', Ahad 23 Agustus 2020.

Baca Juga: Bersaingan dalam Game Online yang Berujung Pembunuhan

Dari survei yang dilaksanakan pada 12-15 Agustus 2020 tersebut disebutkan kepercayaan publik terhadap pemerintah, sistem demokrasi, aparat keamanan, dan presiden masih kuat. Mahfud menyatakan kepuasaan masyarakat itu disebabkan pemerintah dalam menangani Covid-19 tidak asal-asal dan selalu terbuka.

Meskipun demikian, dia mengakui setiap langkah dan kebijakan terlihat gampang di mata masyarakat. Dia meyakinkan setiap kebijakan dijalankan pemerintah secara serius dan menggunakan data.

Dia mencontohkan penggunaan data itu saat penerapan kenormalan baru. Data itu berasal dari Kementerian Koordinator Perekonomian, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, LIPI, dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Baca Juga: Dalam 24 Jam Terakhir, di Brazil Ada 50.032 Kasus Baru Covid-19 Serta 892 Kematian

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mengungkapkan, dirinya dan pejabat lain bisa rapat 2-3 kali sehari untuk mematangkan kebijakan yang akan diambil terkait penanganan pandemi Covid-19. Dia mengapresiasi masyarakat yang percaya terhadap kinerja pemerintah.

"(tetapi) Ada kelompok masyarakat yang menganggap apa pun yang dilakukan pemerintah selalu salah. Keputusan-keputusan nasional itu diambil secara rasional, termasuk bantuan (sosial) dan ekonomi itu sudah terbuka dan jelas," pungkasnya.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x