Mengintip Letak Geografis Kerajaan Pantai Selatan di Yogyakarta dari Sudut Pandang Metafisika

- 10 Juli 2023, 21:01 WIB
Kerajaan Pantai Selatan.
Kerajaan Pantai Selatan. /Wika Khairunnisa/

GALAMEDIANEWS - Pantai Parangkusumo, Yogyakarta, bukan hanya sekedar letak geografis, akan tetapi pantai yang langsung terhubung dengan Samudera Hindia tersebut memiliki nilai spiritual, historis, metafisika dan filosofis, bahkan imajiner.

Jika berbicara tentang daerah selatan pantai di Pulau Jawa, pasti akan identik dengan pusaran energi yang terdapat pada wilayah tersebut. Dalam masyarakat Jawa berkembang mitos tentang Kerajaan Pantai Selatan atau yang sering dikenal dengan Ratu Pantai Selatan.

Om Hao seorang ahli metafisika sekaligus YouTuber menerangkan jika dilihat dari sisi imajiner, tentunya satu garis lurus yang dihubungkan antara Gunung Merapi di utara, Keraton Kesultanan Jogjakarta, dan yang paling selatan adalah Keraton Laut Kidul atau Pantai Selatan.

Baca Juga: Mengapa Anime Bleach Sempat Dibatalkan?

Jika dikerucutka lebih kecil lagi, di Pantai Parangkusumo terdapat beberapa situs yang memiliki nilai kesakralan spiritualis dan juga historis, salah satunya Situs Cepuri Parangkusumo dan Pantai Parangkusumo.

"Ada dua batu disitu, batu besar dan batu kecil. Pada masa lampau diyakini dipergunakan, atau dilengkapi, atau diduduki oleh Panembahan Senopati dan Gusti Kanjeng Ratu Kidul saat bertemu pada waktu itu," kata Om Hao.

Keraton Laut Kidul memiliki gerbangnya di Pantai Parangkusumo, menjorok ke tengah laut. Hal tersebut sudah menjadi legenda, historis, bahkan kisah mistis yang beredar di masyarakat Jawa.

Terdapat juga keyakinan terhadap entitas besar yang menjaga dan diberikan amanah untuk melindungi kawasan ini. Dilansir dari YouTube Kisah Tanah Jawa Pada Senin, 10 Juli 2023.

Baca Juga: WISATA Kuliner Bandung Sop Bakso Haji Soni depan Stadion Si Jalak Harupat, Satu-satunya di Indonesia

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: YouTube Kisah Tanah Jawa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x