Presiden Jokowi Resmikan Tol Cisumdawu, Bandung-Cirebon Hanya 75 Menit

- 12 Juli 2023, 05:28 WIB
Presiden Jokowi meresmikan Tol Cisumdawu. / tangkap layar Instagram @ridwankamil
Presiden Jokowi meresmikan Tol Cisumdawu. / tangkap layar Instagram @ridwankamil /

GALAMEDIANEWS - Presiden Jokowi hadir dalam peresmian Tol Cisumdawu pada Selasa, 11 Juli 2023 di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Jalan tol yang menghubungkan Bandung hingga ke Cirebon tersebut bisa ditempuh dalam waktu 75 menit.

Dalam acara tersebut juga terlihat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri BUMN Erick Thohir, Menhub Budi Karya Sumadi, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, hingga Pengusaha Jusuf Hamka.

Penyambutan kepada Presiden Jokowi dilaksakan dengan alunan musik Angklung persembahan dari siswa siswi SMP dan SMA yang tergabung dalam orkestra Ensemble Insan Sejahtera.

Baca Juga: Spoiler One Piece Chapter 1087, Garp Terbaring di Lantai Setelah Mendapat Serangan

Mereka memainkan musik Manuk Dadali hingga lagu terpopuler Bohemian Rhapsody di depan terowongan kembar Cisumdawu dengan sangat meriah.

Dikutip dari akun Instagram Ridwan Kamil @ridwankamil, Tol Cisumdawu adalah tol pertama di Indonesia yang memiliki terowongan kembar, dan total jarak tol tersebut mencapai 61,6 Kilometer, yang menghubungkan Tol Cipularang ke Tol Cipali.

Dengan adanya Tol tersebut maka akan mempermudah konektivitas menuju Bandara Internasional Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

"Ini Jalan Tol Cisumdawu, Jalan Tol Cileunyi, Sumedang, dan Dawuan, Sudah Selesai, dan segera siap untuk dioperasikan, ini akan mempermudah konektivitas menuju Bandara Kertajati. Airport Kertajati nanti di bulan Oktober sudah operasional Penuh." Kata Presiden Jokowi dalam pidatonya.

Tol tersebut membuat waktu tempuh Bandung ke Cirebon menjadi 75 menit yang dulunya bisa 6 jam, sedangkan menuju Bandara Kertajati, Majalengka hanya 40-60 menit, dan Bandung-Sumedang Kota cuma 30 menit.

Halaman:

Editor: Ryan Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x