Tol Cisumdawu Akan Diresmikan Jokowi pada 11 Juli, Berikut 5 Fakta Dibalik Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan

- 10 Juli 2023, 08:42 WIB
Tol Cisumdawu seksi 2, segera diresmikan Presiden Joko Widodo
Tol Cisumdawu seksi 2, segera diresmikan Presiden Joko Widodo /binamarga.pu.go.id/

GALAMEDIANEWS – Tol Cisumdawu (Cileunyi - Sumedang - Dawuan) akhirnya akan segera diresmikan oleh Presiden Joko Widodo secara langsung sebelum nantinya kemudian dibuka penuh untuk umum dari seksi satu hingga seksi 6.

Tol Cisumdawu dijadwalkan akan diresmikan oleh orang pertama di Indonesia, Presiden Joko Widodo pada Selasa, 11 Juli 2023 yang mana untuk acara peresmian ini akan dilakukan di GT Ujung Jaya Utama Kecamatan Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang dan dijadwalkan sekitar pukul 09.30 WIB hingga pukul 10.45 WIB.

Untuk melakukan peresmian Tol Cisumdawu ini, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan tiba di Bandara Kertajati, Kab. Majalengka, Prop. Jawa Barat pada pukul 08.40 WIB.

Baca Juga: KDM Bantu Biaya Pengobatan Mandiri untuk Guru Korban Penyiraman Air Keras Alami Kebutaan yang Ditolak BPJS

Setelah sampai di Bandara Kertajati, Jokowi akan langsung menuju lokasi peresmian Tol Cisumdawu, yang mana akan digelar di Gerbang Tol Ujung Jaya Utama.

Jalan Tol Cisumdawu merupakan jalan bebas hambatan yang memiliki rute sepanjang 62,60 kilometer yang menjadi bagian dari rute Jalan Tol Trans Jawa yang berada di Jawa Barat dan menghubungkan daerah Bandung, Sumedang, dan Majalengka.

Jalan Tol Cisumdawu ini memiliki 6 seksi yang mana seksi 1 memiliki rute sepanjang 11,45 kilometer dengan rute Cileunyi – Pamulihan dan telah dibuka untuk umum pada Januari 2022 lalu.

Selanjutnya seksi 2 memiliki rute sejauh 17,05 kilometer dengan rute Pamulihan – Sumedang. Sedangkan seksi 3 memiliki rute sejauh 1,05 kilometer Sumedang – Cimalaka yang juga telah dibuka untuk sejak Desember 2022 lalu.

Sementara itu untuk seksi 4 memiliki rute Cimalaka - Legok dengan jarak 8,2 kilometer, seksi 5 memiliki rute Legok - Ujung Jaya dengan jarak 14,9 kilometer, dan seksi 6 memiliki rute Ujung Jaya - Dawuan, termasuk Junction Dawuan dengan jarak 6,065 kilometer.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: binamarga.pu.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah