4 Desa di Kabupaten Bandung Masuk 10 Besar IDM Tertinggi se-Jabar, Kadis PMD: Tidak Ada Lagi Desa Tertinggal

- 21 Juli 2023, 20:30 WIB
4 desa di Kabupaten yang masuk 10 besar dengan IDM tertinggi se-Jabar salah satunya Pangalengan, Kadis PMD yakinkan tak ada lagi desa tertinggal./ Feby Syarifah - GalamediaNews
4 desa di Kabupaten yang masuk 10 besar dengan IDM tertinggi se-Jabar salah satunya Pangalengan, Kadis PMD yakinkan tak ada lagi desa tertinggal./ Feby Syarifah - GalamediaNews /

GALAMEDIANEWS – Sebanyak 4 desa di Kabupaten Bandung masuk rangking 10 besar Indeks Desa Membangun (IDM) tertinggi se-Jawa Barat (Jabar). Keempat desa itu yakni Cibiru Wetan peringkat ke-2, Lengkong peringkat ke-7, Cinunuk peringkat ke-8, dan Desa Pangalengan peringkat ke-9.

 

Secara tegas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa atau Kadis PMD, Tata Irawan menyatakan bahwa di Kabupaten Bandung sudah tidak ada lagi desa tertinggal.

Masuknya 4 desa Kabupaten Bandung dalam 10 besar IDM tertinggi se-Jabar itu menjadi prestasi yang membanggakan dan membuktikan bahwa kebijakan yang diterapkan oleh Bupati  Bandung Dadang Supriatna sudah tepat untuk menciptakan desa yang lebih mandiri dan maju.

IDM sendiri merupakan himpunan indeks yang mencakup tiga aspek, yakni indeks ketahanan sosial, indeks ketahanan ekonomi, dan indeks ketahanan ekologi desa.

Penetapan IDM bertujuan untuk mengarahkan intervensi kebijakan pemerintah pusat dan daerah sesuai dengan partisipasi masyarakat dan karakteristik wilayah desa.

Baca Juga: 48 Desa Dapat Bantuan Keuangan Rp 18 Miliar dari Bupati Bandung, Bonus Produksi Panas Bumi Tahun 2023

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: Press Release


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x