Tol Getaci Siap Dibangun! Berikut Daftar Kabupaten dan Desa yang Akan Dilewati Tol Bandung-Cilacap

- 10 Juli 2023, 09:39 WIB
Ilustrasi Tol Getaci dan beberapa rute yang dilewati dan desa yang terdampak
Ilustrasi Tol Getaci dan beberapa rute yang dilewati dan desa yang terdampak /binamarga.pu.go.id/

GALAMEDIANEWS – Pembangunan Tol Getaci (Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap) sudah mulai dilakukan yang mana saat ini sudah pada tahap pembebasan tanah. Tahap awal ini saat ini telah dijalankan hingga Kabupaten Garut.

Tol Getaci ini merupakan jalan bebas hambatan yang nantinya akan menghubungkan Bandung dan juga Cilacap. Dalam pembangunannya, proyek ini nantinya akan dibagi menjadi dua tahap.

Tahap pertama pembangunan Tol Getaci telah dimulai pada tahun 2022 lalu dan saat ini masih berlanjut. Tahap pertama ini meliputi 2 seksi, yaitu seksi 1 Junction Gedebage - Garut Utara sejauh 45,2 Km, dan seksi 2  dari  Garut Utara – Tasikmalaya sepanjang 50,32 Km.

Tahap pertama pembangunan Tol Getaci dari Gedebage hingga Tasikmalaya ini nantinya ditargetkan akan selesai pada tahun 2024. Adapun untuk saat ini, tahap satu ini dalam proses pembebasan lahan sampai dengan Garut.

Baca Juga: Tol Cisumdawu Akan Diresmikan Jokowi pada 11 Juli, Berikut 5 Fakta Dibalik Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan

Adapun untuk tahap 2, nantinya terdiri dari seksi 3 yang meliputi daerah Tasikmalaya – Patimuan dengan panjang 76,78 Km dan seksi 4 dengan rute Patimuan – Cilacap sejauh 34,35 Km. Tahap dua ini nantinya akan dimulai pada tahun 2027 dan ditargetkan selesai pada tahun 2029.

Daftar Kabupaten yang Dilewati Tol Getaci

Sebagaimana Dilansir GalamediaNews dari Pu.go.id, jalan Tol Getaci ini nantinya akan menghubungkan dua provinsi besar, yaitu Provinsi Jawa Barat dengan rute sepanjang 171,40 kilometer dan Provinsi Jawa Tengah dengan rute sepanjang 35,25 kilometer, sehingga total panjang keseluruhan mencapai 206,65 kilometer.

Jalan tol ini disinyalir akan menjadi proyek pembangunan jalan tol terpanjang yang ada di Indonesia pada saat ini.

Akan ada sebanyak 8 Kabupaten/Kota, 39 Kecamatan, dan juga 153 Desa di Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Jawa Tengah yang akan dilintasi proyek pembangunan jalan tol Bandung-Cilacap ini.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: pu.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x