Ujian Praktik SIM Kini Lebih Mudah, Kapolda Jabar Resmikan Denah Baru di Mapolresta Bandung

- 7 Agustus 2023, 15:55 WIB
Kapolda Jabar, Irjen Akhmad Wiyagus meresmikan denah baru ujian praktik SIM di Mapolresta Bandung, Soreang, Senin 7 Agustus 2023.
Kapolda Jabar, Irjen Akhmad Wiyagus meresmikan denah baru ujian praktik SIM di Mapolresta Bandung, Soreang, Senin 7 Agustus 2023. /
 
 
GALAMEDIANEWS - Ujian praktik SIM di Satpas jajaran Polda Jabar kini lebih mudah, setelah denah baru diresmikan.

Peresmian denah baru ujian praktik SIM tersebut dilakukan Kapolda Jabar, Irjen Akhmad Wiyagus di Mapolresta Bandung, Soreang, Senin 7 Agustus 2023.

Peresmian tersebut dihadiri langsung Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo Wibowo, Wadir Lantas Polda Jabar, AKBP Edwin Affandi dan Kasatlantas Kompol Mangku Anom.
 
Bahkan Kapolda Jabar langsung memantau ujian praktik yang sedang dilakukan masyarakat.
 
 
Sebelum meresmikan denah baru tersebut, Kapolda Jabar juga memantau pemberlakuan denah ujian praktik SIM di Polrestabes Bandung dan Polres Cimahi.
 
Polri sendiri saat ini mulai memberlakukan lintasan baru ujian SIM. Dimana dari yang tadinya berbentuk angka 8 dan zig zag menjadi seperti hurup S. 
 
Tidak itu saja, lebar lintasannya ditambah dari 1,2 meter menjadi 1,6 meter.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Anak di tengah Cuaca Ekstrem

Dua orang warga Kabupaten Bandung yang melakukan ujian SIM C, langsung lulus karena dengan mudah melewati lintasan tersebut.
 
"Ini jadi lebih mudah. Padahal dulu saya sudah empat kali tidak lulus-lulus," kata Ikhsan (31) warga Katapang Kabupaten Bandung.
 
Wadirlantas Polda Jabar AKBP Edwin Affandi menuturkan, dengan denah baru ujian praktik SIM, diharapkan tidak akan memberikan kesan menakutkan karena susah lulus.
 
Sebab saat ini proses ujian praktik dibuat menjadi lebih mudah dan sangat realistis dengan kondisi terkini.
 
 
"Sekarang seluruh ujian praktik SIM di Jawa Barat atas petunjuk dan atensi bapak Kapolri diubah denahnya. Mudah-mudahan dengan peresmian dengan Bapak Kapolda Jabar hari ini di Polresta Bandung memberikan kemudahan kepada masyarakat," kata Edwin

Dengan adanya kemudahan dalam proses ujian SIM C ini, Edwin berharap praktik percaloan bisa hilang. Sebab masyarakat akan semakin mudah mengakses proses ujian teori dan praktik dalam proses permohonan penerbitan SIM C.

"Kita berharap dengan kondisi ini masyarakat lebih tertib, lebih patuh, dan lebih nyaman,terutama dalam memperoleh SIM," katanya.
 
 
Sementara Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo menjelaskan, kehadiran Kapolda merupakan simbol kalau ujian SIM dengan dimensi baru sudah dimulai di Jawa Barat.
 
Kusworo mengaku dengan kemudahan itu,  jumlah masyarakat yang akan membuat SIM jadi lebih banyak. Meski demikian pihaknya tetap mengedepankan kompetensi karena menyangkut keselamatan dalam berkendara.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x