Jawa Barat Tawarkan Proyek Infrastruktur Hijau dan Hilirisasi Lewat WJIS 2023

- 10 Agustus 2023, 10:05 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka West Java Investment Summit (WJIS) 2023 di Mason Pine Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Rabu, 9 Agustus 2023./Foto: Biro Adpim Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka West Java Investment Summit (WJIS) 2023 di Mason Pine Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Rabu, 9 Agustus 2023./Foto: Biro Adpim Jabar /

GALAMEDIANEWS - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menawarkan 10 proyek yang telah memenuhi persyaratan ready to offer kepada calon investor dalam West Java Investment Summit (WJIS) 2023.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, investasi senilai Rp 70 triliun tersebut fokus pada sektor infrastruktur hijau dan hilirisasi (downstream industry).

"Tahun ini ada Rp 70-an triliun kita tawarkan dalam bentuk green infrastructur dan 10 lokasi untuk hilirisasi industri," ujar Ridwan Kamil usai membuka WJIS 2023 di Mason Pine Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Rabu, 9 Agustus 2023.

Baca Juga: Proyek Kereta Gantung Bandung Raya Disetujui Jokowi, Rute Bakal Lewati Kawasan Padat Penduduk

Kang Emil, sapaan akrabnya menuturkan, realisasi investasi per Rp 1 triliun mampu menyerap tenaga kerja 1.000 orang. Artinya, jika investasi Rp 75 triliun ini terealisasi, maka akan menyerap tenaga kerja hingga 75.000 orang.

"Bakal banyak menyerap tenaga kerja apalagi di sektor hilirisasi yang tadinya ekspor mentah sekarang dipaksa pabriknya ada di sini, maka ada banyak pekerjaan untuk warga Jabar," tuturnya.

Rekor Realisasi

WJIS 2023 merupakan yang kelima sejak digelar tahun 2019. Selama lima tahun tersebut total realisasi investasi baik PMA maupun PMDN sebesar lebih dari Rp 800 triliun. Kang Emil menyebut tahun 2022 menjadi rekor realisasi terbesar, yaitu Rp 174,6 triliun.

"Selama lima tahun kami sudah men- deliver lebih dari Rp 800 triliun dan rekornya tahun lalu Rp 174,6 triliun. Sebanyak itu pergerakan ekonomi di Jabar dan mesin investasi itu ibarat bensin yang menggerakan ekonomi," sebutnya.

Baca Juga: Momen Seorang Ibu di Bekasi Tiba-tiba Menangis dan Memeluk Dedi Mulyadi

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x