Buat SIM C di Jawa Barat Kini Lebih Mudah, Warga sangat Berterima Kasih

- 8 Agustus 2023, 17:13 WIB
 Buat SIM C di Jawa Barat jadi lebuh mudah./  Humas Polri
Buat SIM C di Jawa Barat jadi lebuh mudah./ Humas Polri /

GALAMEDIANEWS – Dilansir dari Tribatanews bahwa Kapolda Jabar Irjen. Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K., M.Si., M.M., telah membuka secara resmi jalur tes latihan SIM  baru di Polresta Bandung. Di seluruh wilayah Polres jajaran Polda Jabar, kegiatan uji praktik SIM dilakukan dengan dimensi ruas ujian yang berbeda. 

“Alhamdulillah tadi bapak Kapolda Jawa Barat melakukan peresmian di Polresta Bandung sebagai simbolis namun pelaksanaannya sudah serentak terselenggara di polres-polres jajaran Polda Jawa Barat,” jelas Kapolresta Bandung Kombes. Pol. Kusworo Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., Senin, 7 Agustus 2023. 

Berikut ini detail perubahan lintasan uji praktik SIM tersebut: 

Baca Juga: Lintasan Ujian SIM C Diganti Menjadi Huruf S, Masyarakat Berikan Respon Positif

  1. Perubahan lintasan menjadi sebuah sirkuit yang mengakomodir 4 materi ujian praktik dengan ukuran yang sudah diperlebar dan tanpa materi Zigzag test atau slalom test; 
  2. Uji membentuk angka 8 digantikan dengan uji membentuk huruf S; 
  3. Untuk ukuran lebar lintasan diperlebar dari ukuran lama 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan. 

“Saat ini lintasan uji praktik SIM C sudah lebar, yang tadinya 1,2 menjadi 1,6. Jadi itu 2,5 dari dimensi kendaraan roda dua. Kemudian tidak ada lagi angka 8, tidak ada lagi yang zig-zag, tapi sudah lurus, kemudian harus berhenti sesuai dengan traffic light, kemudian huruf U, kemudian huruf S,” tambah Kapolres. 

Salah satu pemohon SIM C bernama Isan, sebelumnya dilaporkan selalu gagal mengikuti ujian praktik SIM C sebanyak empat kali, akhirnya lega dengan lintasan uji praktik SIM yang baru. Seperti diketahui lintasan uji praktik SIM yang lama memiliki tingkat kesulitan yang sulit untuk diselesaikan para pemohon SIM C. 

Di Surabaya, tepatnya di Satpas Polrestabes Surabaya. Salah satu pemohon SIM bernama Fatima mengatakan bahwa dirinya baru kali ini berhasil setelah 4 kali mengalami kegagalan dalam mengikuti ujian praktik SIM C. 

“Sudah 4 kali. Baru sekarang berhasil. Sirkuit sekarang lebih gampang dibanding kemarin. Karena lebih luas dan gak ada zig-zag dan angka 8” kata Fatima pemohon SIM di Satpas Polrestabes Surabaya. 

Baca Juga: Ujian SIM C Dipermudah dengan Lintasan Berbentuk S

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: tribratanews.polri.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x