Pemerintah Dukung Penggunaan Dana APBD untuk Liga 3 dan Pengembangan Sepak Bola, Didukung oleh Presiden Jokowi

- 15 Agustus 2023, 22:43 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir menjawab pertanyaan para pewarta di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (15/8/2023)
Ketua Umum PSSI Erick Thohir menjawab pertanyaan para pewarta di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (15/8/2023) /ANTARA/ RAUF ADIPATI/

GALAMEDIANEWS - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, pada hari Selasa mengumumkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mendorong Kementerian Dalam Negeri untuk merevisi peraturan guna memungkinkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) digunakan untuk mendukung Liga 3 dalam kompetisi sepak bola.

Erick mengatakan, "Bapak Presiden mendorong beberapa hal. Satu, Bapak Presiden meminta Pak Mendagri untuk merevisi aturan bahwa dana APBD bisa dipakai untuk Liga 3." Pernyataan ini diberikan oleh Erick setelah ia menghadiri sebuah pertemuan dengan Asosiasi Provinsi PSSI di Hotel Sultan, Jakarta.

Erick Thohir, yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN, juga mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi telah melakukan pembicaraan dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDDT) terkait masalah ini.

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Portugal Bakal Dihadiri Cristiano Ronaldo? Begini Penjelasan dari PSSI

Dalam pertemuan dengan kedua kementerian tersebut, Presiden Jokowi menyuarakan keinginannya agar terdapat alokasi dana untuk memperbaiki lapangan-lapangan sepak bola di berbagai desa.

Erick menjelaskan bahwa Presiden juga telah meminta Kemenkeu untuk berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia untuk menyediakan dana dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) bagi atlet mulai dari usia 14 tahun.

Baca Juga: Ketua PSSI Umumkan Segera Pembentukan Tim U-17 Sepak Bola Indonesia untuk Persiapan Piala Dunia

Erick juga mengumumkan bahwa PSSI akan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk mengembangkan program yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah wasit dan pelatih sepak bola.

Halaman:

Editor: Ryan Pratama

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x