Program Petani Milenial Era Ridwan Kamil jadi Solusi Pertanian Berkelanjutan

- 18 Agustus 2023, 09:15 WIB
Program Petani Milenial Jawa Barat.
Program Petani Milenial Jawa Barat. /Twitter @PetaniMilJabar

GALAMEDIANEWS - Pertanian di Provinsi Jawa Barat memiliki potensi besar. Hal ini didukung kondisi geografis dan ekosistem yang cocok untuk pengembangan komoditas pertanian yang ditandai dengan banyaknya komoditas unggulan pada sektor tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan.

Generasi Muda Jawa Barat yang tertarik terhadap sektor pertanian terus meningkat. Tahun 2022 sebanyak 20.894 orang yang mendaftar dan lolos seleksi sebanyak 6.545 petani.

Pendaftar Petani Milenial tahun 2021, sebanyak 8.998 dan yang lolos seleksi sebanyak 1.766 orang. Sehingga totalnya sebanyak 8.311 orang.

Baca Juga: Buruan SAE jadi Juara! Bandung Raih Piala Abdibaktitani dari Menteri Pertanian

Peserta yang ikut inagurasi tahun 2022 dan 2023, tercatat sebanyak 5.344 orang, dengan sebaran 2.721 petani yang dibina di Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, 788 Petani yang dibina di Dinas Kelautan dan Perikanan, 620 petani yang dibina pada Dinas Kehutanan, 620 petani yang dibina pada Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan serta 595 petani yang dibina pada Dinas Perkebunan.

Program Petani Milenial yang digagas Gubernur Jabar Ridwan Kamil ini diharapkan dapat menarik minat generasi muda untuk membawa perubahan pada sektor pertanian masa depan.

“Maka, semangat tinggal di desa, rezeki kota bisnis mendunia, bukan suatu hal yang mustahil,” ujar Ridwan Kamil.

Bukan Program Karpet Merah

Ridwan Kamil menuturkan, Program Petani Milenial bukan program "karpet merah" yang langsung sukses. Program Petani Milenial merupakan program yang masih panjang perjalannya.

Baca Juga: 3 SMA Terbaik di Kota Probolinggo Tembus Peringkat Nasional, Menurut Nilai UTBK 2022

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x